25 Fakta Unik Tentang Anime dan Manga Yang Harus Anda Ketahui

Di dalam kebudayaan Jepang, anime dan manga adalah media artistik paling populer. Sebelum melangkah lebih jauh, perlu diketahui bahwa anime dan manga adalah dua hal yang berbeda. Anime merujuk pada film animasi sedangkan manga adalah istilah Jepang untuk menyebut komik, walaupun di luar Jepang kata ini bisa diartikan sebagai ‘komik dari Jepang’.
Disukai oleh tua dan muda, pria dan wanita, anime dan manga menerobos batas budaya di seluruh dunia sebagai salah satu alat story telling. Anime dan manga yang baik tidak hanya harus berkualitas dari segi hiburan tetapi juga harus mempunyai nilai filosofis tinggi. Lantas apa saja fakta unik tentang anime dan manga ini? Berikut ulasannya versi mbakbro.com :
Sesshomaru dan Megatron
1. David Kaye, pengisi suara Sesshomaru dalam Inuyasha versi Inggris adalah juga pengisi suara Megatron dalam Transformer.
2. Rekor pendapatan film anime hingga kini dipegang oleh film Spirited Away yang menghasilkan lebih dari 330 juta dollar. Film animasi ini juga tercatat sebagai anime pertama yang memenangkan piala Oscar untuk kategori Best Animated Feature pada tahun 2002.
3. Sekitar 60% dari animasi kartun dan komik yang beredar di seluruh penjuru dunia adalah produksi Jepang.
4. Karakter Hirano Kouta dalam Highschool of the Dead dibuat terinspirasi nama penulis Hellsing. Selain menggunakan nama yang sama, keduanya juga mempunyai hobby yang sama pula.
Death Note
5. Desain karakter Near dan Mello dalam Death Note sebenarnya tertukar. Editor tanpa sengaja salah menulis nama keduanya dan kesalahan ini tidak pernah dibetulkan.
6. Pengarang One Piece, Eiichiro Oda, pernah menyatakan bahwa Sanji sebelumnya akan diberi nama Naruto akan tetapi kemudian dibatalkan.
7. Pengarang Sailor Moon, Naoko Takeuchi dan pengarang Yu Yu Hakusho, Yoshihiro Togashi adalah sepasang suami isteri.
8. Begitu populernya anime di Jepang, hingga sekarang berdiri 130 sekolah pengisi suara di sana.
9. Clefairy awalnya digunakan sebagai maskot Pokemon sebelum diganti menjadi Pikachu karena kalah populer.
Black Hayate
10. Hampir semua nama karakter militer di Full Metal Alchemist menggunakan nama pesawat tempur. Termasuk Mustang, Hawkeye, Fury, Havoc, bahkan anjing Riza, Black Hayate.
11. Kata Hetalia adalah kombinasi dari kata di Jepang ‘He’ yang artinya tidak berguna dan ‘Italia’ yang artinya negara Italia. Jika digabungkan arti dari Hetalia adalah Italia yang tidak berguna.
12. Di seluruh negara Jepang, sepertiga dari buku yang dicetak adalah berupa manga.
13. Penelitian menyebutkan bahwa kecanduan anime dan manga membutuhkan biaya lebih banyak daripada kecanduan ganja.
14. Kebanyakan karakter dalam Neon Genesis Evangelion dinamakan sesuai kapal perang Jepang dalam Perang Dunia II.
One Piece
15. Eiichiro Oda awalnya merencanakan masa tayang One Piece hanyalah lima tahun saja. Andai rencana ini berjalan, maka One Piece akan berhenti tayang pada tahun 2002.
16. Astro Boy adalah anime pertama yang ditayangkan di luar Jepang.
17. Bubbles (monyet peliharaan King Kai dalam Dragon Ball Z) dibuat terinspirasi dari monyet peliharaan Michael Jackson dengan nama yang sama.
18. Pengarang Astro Boy, Osamu Tezuka mengaku sangat terinspirasi oleh Walt Disney. Sementara itu, karya Tezuka yang lain, Kimba The White Lion, malah menginspirasi lahirnya mahakarya Disney, The Lion King.
19. Cyberpunk anime Ghost in the Shell adalah anime visioner yang menginspirasi film-film besar seperti The Matrix.
Otaku
20. Di luar Jepang, para penggemar anime dan manga biasa menyebut diri mereka sebagai ‘Otaku’. Padahal kata Otaku sendiri di Jepang berkonotasi negatif dan biasanya digunakan untuk menyebut seseorang yang terobsesi sesuatu dengan kadar yang melebihi batas kewajaran.
21. Sutradara James Cameron dan Steven Spielberg adalah penggemar berat film-film anime.
22. Hampir semua anime dan video game populer berawal dari sebuah manga kecuali Pokemon. Pokemon awalnya berupa video game sebelum dibuat dalam versi manga dan anime.
23. Salah satu ciri khas karakter anime adalah warna rambut yang mencolok dan ini bukanlah semata-mata kebetulan. Di Jepang, warna mempunyai arti simbolis dan warna rambut karakter anime dipilih dengan sangat hati-hati oleh para animatornya untuk merefleksikan kepribadian karakter tersebut. Contohnya, karakter dengan warna rambut merah darah untuk karakter dengan kepribadian ambisius dan petualang, hijau terang melambangkan bisa dipercaya dan toleransi akan tetapi juga mudah cemburu.
24. Linda Young, pengisi suara Genkai (Yu Yu Hakusho) dan Frieza (DBZ) versi Inggris, adalah ibu dari John Burgmeier, pengisi suara versi Inggris dari Kurama (Yu Yu Hakusho) dan Tien (DBZ).
25. Dante dalam bahasa latin artinya “abadi”. Karakter Dante dalam Full Metal Alchemist menggunakan philosopher stone untuk bertukar tubuh sehingga tidak bisa mati. Karena itulah dia diberi nama Dante.

Bagaimana menurut pendapat Anda? Silahkan tulis komentar Anda pada kolom di bawah. Terimakasih.

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

2 Responses to "25 Fakta Unik Tentang Anime dan Manga Yang Harus Anda Ketahui"

  1. Seng nulis iki umur e podo karo aq, 30an.
    Urip ng sidoarjo pisan.
    Jangan2 sak kelas bien pas sekolah.
    Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jelas sama-sama korban Lapindo mas :p

      Delete

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.