loading...

5 Fakta Menarik Al-Qur’an Yang Mungkin Anda Tidak Tahu

Kita semua pasti mengetahui bahwa Al-Qur'an adalah kitab suci bagi umat Islam dan bahwa setiap muslim diharuskan untuk membaca, mempelajari, dan menjadikannya pedoman dalam kehidupan. Yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa kata ‘setan’ dalam Al-Qur'an diulang 88 kali seperti juga kata ‘malaikat’, sedangkan kata ‘dunia’ diulang 115 kali, sama dengan kata ‘akhirat’. Atau kata ‘pria’ yang diulang 32 kali, sama seperti kata ‘wanita’. Dan juga kata ‘surga’ diulang 77 kali, seperti juga kata ‘neraka’. (sumber)
Kebetulan? Mbakbro rasa tidak karena masih banyak lagi pengulangan kata antonim yang berjumlah sama dalam Al-Qur'an. Contoh lain adalah kata ‘iman’ diulang 25 kali seperti juga kata ‘kafir’. Intinya adalah bahwa banyak hal-hal menarik menyertai Al-Qur'an yang mungkin kita tidak mengetahuinya. Apa saja hal-hal tersebut? Berikut mbakbro.com sajikan sedikit ulasannya :

1. Bayi ajaib

Ali Yakubov
Tahun 2009 ditandai dengan kelahiran bayi ajaib Ali Yakubov di Dagestan, Rusia. Pada kaki kanan bayi ini tertulis potongan dari surah Al-A’raf ayat 7. Munculnya ayat ini pada kaki kanan Ali Yakubov memicu kontroversi di mana-mana. Para skeptis berpendapat bahwa ini adalah perbuatan orang tua si bayi sementara banyak orang di Dagestan berpendapat bahwa ini adalah peringatan dari Allah agar konflik di daerah itu segera diakhiri.
Seperti kita ketahui, daerah pegunungan Dagestan di Rusia adalah salah satu tempat yang menjadi ajang perang Russia-Chechnya sedangkan orangtua Ali Yakubov bekerja sebagai polisi dan aparat keamanan sering menjadi target pembunuhan teroris di daerah tersebut. Karena itulah orangtua si bayi dituduh sengaja melakukan apa yang disebut sebagai skin writing. Ayat Al-Qur'an pada kaki anak ini sendiri akhirnya lambat laun menghilang dengan sendirinya. (sumber)

2. Al-Qur'an terbesar di dunia

al-quran terbesar
Pada tahun 2008, Sayeed Najmul Hasan Chishti dari India memecahkan rekor Al-Qur'an tulisan tangan terbesar di dunia. Rekor ini tidak bertahan lama karena pada tahun 2011 satu lagi Al-Qur'an berukuran jumbo terbit di Russia dengan berat mencapai 800 kilogram. Al-Qur'an ini dibuat dengan lebar 1,5 x 2 meter dengan hiasan emas, perak, dan permata pada bagian covernya.
Afghanistan memecahkan rekor ini setahun kemudian ketika ahli kaligrafinya bernama Mohammed Sabeer Hussani beserta sembilan orang asistennya menghabiskan waktu lima tahun menulis Al-Qur'an selebar 1,52 x 2,13 meter. Mereka ingin membuktikan bahwa meskipun negaranya telah mengalami perang berkepanjangan tetapi warisan kekayaan budaya mereka masih ada. (sumber)

3. Al-Qur'an yang ditulis dari darah

Saddam Husain
Indonesia mungkin mengenal fenomena cap jempol darah untuk menunjukkan fanatisme pada salah satu partai beberapa tahun lalu. Jika Anda menganggap hal itu ekstrim, mungkin Anda merasa apa yang dilakukan oleh mantan diktator Irak Saddam Husain ini jauh lebih ekstrim karena Saddam pernah menunjukkan kecintaannya pada Al-Qur'an dengan memerintahkan orang menulis satu eksemplar Al-Qur'an dengan darahnya sendiri.
Hal ini dilakukannya pada tahun 1997 sebagai bentuk rasa syukurnya setelah beberapa kali lolos dari percobaan pembunuhan tanpa mengalami luka sedikitpun. Selama pemerintahan Saddam, Al-Qur'an bertulis darah yang kontroversial ini disimpan di masjid Umm a-Ma’arik di Baghdad. Setelah kejatuhan Saddam, terjadi perdebatan antara umat muslim untuk menghancurkannya karena sebagian menganggap menulis Al-Qur'an dengan darah adalah hal yang haram dilakukan. Pada tahun 2011 masjid ini mengalami serangan bom bunuh diri yang menewaskan setidaknya 208 orang. (sumber)

4. Salah cetak pernah menyebabkan krisis politik

salah cetak
Keaslian Al-Qur'an sangat dijunjung tinggi oleh umat muslim di mana-mana. Karena itu cetakan Al-Qur'an tidak boleh kurang satu paragraf atau bahkan satu huruf pun. Karena hal ini merupakan masalah yang sensitif, biasanya sebelum dicetak dalam jumlah besar harus diteliti terlebih dahulu dengan seksama oleh beberapa ahli kitab. Salah satu kasus paling menggegerkan dalam masalah ini pernah terjadi tahun 1999 di Kuwait.
Pada saat itu, 120 ribu copy Al-Qur'an yang salah cetak ini terlanjur didistribusikan ke seluruh dunia. Hal ini membuat marah banyak orang dan akibatnya menteri yang bertanggung jawab mengenai hal ini diberhentikan beserta seluruh anggota parlemen. Pemilu kemudian harus diulang untuk memilih anggota parlemen baru meskipun pihak oposisi menuduh kesalahan ini sengaja dilakukan agar ada alasan untuk melakukan pemilu ulang. (sumber)

5. Al-Qur'an termahal

al-quran termahal
Rekor harga Al-Qur'an termahal pecah pada tahun 2007 di rumah lelang Christie, London. Al-Qur'an yang diyakini sebagai edisi tertua yang masih lengkap ini ditulis pada tahun 1203 terjual seharga $2,3 juta. Tanda tangan Yahya bin Muhammad ibn 'Umar terdapat pada Al-Qur'an yang didapat oleh pemiliknya dari Kairo pada tahun 1905 ini.
Sementara itu, pencurian Al-Qur'an termahal pernah terjadi di istana Topkapi, Istanbul, Turki pada tahun 2000. Tiga orang pencuri berhasil ditangkap saat berusaha menyelundupkan barang curiannya keluar Turki. Al-Qur'an berhias emas yang berasal dari abad ke-11 ini dipercaya bisa terjual sekitar $50 ribu di pasar gelap. Istana Topkapi sendiri adalah milik sultan-sultan dari masa Ottoman dan menjadi rumah bagi banyak koleksi Al-Qur'an kuno. (sumber)

Bagaimana menurut pendapat Anda? Silahkan tulis komentar Anda pada kolom di bawah. Terimakasih.

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "5 Fakta Menarik Al-Qur’an Yang Mungkin Anda Tidak Tahu"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.