5 Mahakarya Yang Diakui Sebagai Karya Orang Lain

Beberapa orang mendedikasikan seluruh hidupnya dan bekerja keras siang malam untuk melahirkan mahakarya demi sebuah gengsi pada bidang pekerjaan yang mereka cintai. Entah itu para inventor, musisi, ilmuwan, penulis dan lain-lain tentu mempunyai hasrat yang sama selain materi, yaitu ingin dikenal sebagai pionir di bidangnya.
Sayangnya terkadang karena sesuatu hal, orang lain malah mengakui mahakarya tersebut sebagai hasil karyanya. Bisa dibayangkan betapa sakit dan menyesakkan jika hal itu terjadi. Mahakarya yang dihasilkan dengan cucuran keringat dan air mata tiba-tiba diakui sebagai karya orang lain. Siapa saja mereka? Berikut daftar 5 mahakarya yang diakui sebagai karya orang lain versi mbakbro.com :

1. Romeo and Juliet, William Shakespeare

Romeo and Juliet
Hampir seluruh orang mengenal William Shakespeare sebagai penulis mahakarya Romeo and Juliet. Tetapi berapa orang yang mengenal Arthur Brooke? Padahal orang inilah yang pada tahun 1562 menerbitkan puisi naratif panjang berjudul The Tragical History of Romeus And Juliet yang isinya dijiplak oleh William Shakespeare pada tahun 1591.
Perbedaan yang mendasar antara karya keduanya terletak pada rentang waktu dan beberapa hal kecil lain. Jika pada puisi Brooke rentang waktunya sembilan bulan, karya Shakespeare mempunyai rentang waktu hanya empat hari. Tetapi memang perlu diakui bahwa gubahan versi Shakespeare memang lebih bagus dari versi aslinya meskipun bukan yang original.

2. Telepon, Alexander Graham Bell

penemu telepon
Nama Alexander Graham Bell mungkin masih menempel di benak kita sebagai penemu telepon karena memang itulah yang diajarkan di sekolah dasar dulu. Tetapi hal itu sesungguhnya tidak sepenuhnya benar. Sebelum Graham Bell mematenkan telepon, seorang penemu Amerika keturunan Italia bernama Antonio Meucci telah berusaha mematenkan telepon namun selalu gagal karena tidak adanya dana.
Pada tahun 1860, Meucci telah mendemonstrasikan penemuannya yang dia beri nama “teletrofono” di New York. Namun sayangnya, Meucci yang imigran dari Italia tidak menguasai bahasa Inggris sehingga hasil karyanya tidak diakui. Meucci kemudian berusaha menjual karyanya dengan mengirimkan prototipe telepon ke perusahaan Western Union Telegraph Company namun sekali lagi dia gagal. Dua tahun kemudian, entah bagaimana caranya, Graham Bell berhasil menyempurnakan prototipe tersebut dan menjualnya kepada Western Union. Graham Bell seketika menjadi kaya raya sementara Meucci meninggal dunia dalam kemiskinan.

3. Tank, Sir Ernest D. Swinton

penemu tank
Selama ini penemu tank dikenal sebagai seorang tentara dan penulis dari Inggris, Sir Ernest D. Swinton. Tetapi sesungguhnya orang yang membuat tank pertama kali adalah tentara Australia Lance de Mole pada tahun 1912. Setelah dua kali mengajukan rancangan tank kepada angkatan bersenjata Inggris namun selalu gagal karena dianggap tidak praktis, pada kali ketiga de Mole berhasil mendapatkan hadiah sebesar 987 poundsterling untuk jerih payahnya.
Baru pada tahun 1916 Swinton membuat sebuah kendaraan lapis baja yang bisa melalui segala medan peperangan yang kemudian disebut sebagai “Tank”. Sebuah penyempurnaan dari ide kendaraan perang karya de Mole. Jadi meskipun prototipe tank buatan de Mole tidak sesempurna karya Swinton namun penghargaan sepatutnya juga diberikan kepada de Mole atas mahakarya tersebut.

4. Pendaki Pertama Himalaya, Edmund Hillary dan Tenzing Norgay

pendaki himalaya pertama
Orang yang pertama kali mendaki Gunung Himalaya pada tahun 1953 tercatat sebagai Edmund Hillary dan Tenzing Norgay. Namun benarkah demikian? Ternyata tidak. Jauh sebelum keduanya berhasil mencapai puncak Himalaya, pada tahun 1924 dua orang bernama George Mallory dan Andrew Irvine telah mendahului mereka. Hanya saja keduanya tidak berhasil menuruninya.
Tubuh Mallory ditemukan membeku di dekat puncak Himalaya pada tahun 1999 sementara tubuh Irvine hingga kini tidak pernah ditemukan. Padahal Irvine-lah yang membawa kamera sehingga bukti keduanya mencapai puncak Himalaya hingga kini juga tidak pernah ditemukan. Namun, Edmund Hillary dan Tenzing Norgay adalah orang-orang yang sportif. Mereka mengakui bahwa mereka berdua bukanlah orang yang pertama mencapai puncak Himalaya. Tetapi yang jelas mereka berdua adalah orang-orang pertama yang selamat dari puncak Himalaya.

5. Aspirin, Felix Hoffmann

aspirin
Diproduksi pertama kali oleh Bayer pada tahun 1899, Aspirin seketika menjadi salah satu obat paling populer di dunia. Dan orang yang dianggap menemukan Aspirin selama ini adalah Felix Hoffmann, seorang ilmuwan Jerman yang juga adalah penemu Heroin. Padahal penemu Aspirin sejatinya adalah seorang ilmuwan bernama Arthur Eichengrun yang juga bekerja di Bayer.
Lantas mengapa bukan nama Eichengrun yang disebutkan oleh Bayer tetapi nama Hoffmann yang sejatinya adalah asisten Eichengrun? Karena Eichengrun adalah seorang Yahudi. Pada masa itu, di Jerman telah timbul kebencian pada orang Yahudi hingga akhirnya muncul gerakan Nazi. Eichengrun sendiri bahkan pernah merasakan pahitnya hidup di kamp konsentrasi.


Bagaimana menurut pendapat Anda? Silahkan tulis komentar Anda pada kolom di bawah. Terimakasih.

Baca juga :

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

2 Responses to "5 Mahakarya Yang Diakui Sebagai Karya Orang Lain"

  1. Dunia memang selalu menyimpan misteri. Apa yang didengar sekarang sebagai kebenaran mungkin lusa akan jadi satu kesalahan yang besar.. atau juga mungkin sebaliknya 😊

    ReplyDelete
  2. i'm searching for Nikola Tesla in this article and it kinda disappointing that i didn't found them .

    ReplyDelete

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.