loading...

5 Foto Orang Yang Berlomba Melawan Maut

Tidak ada sesuatu yang bisa memberikan perasaan “hidup” lebih dari saat ketika seseorang berhasil lolos dari maut. Itulah sebabnya mengapa seseorang yang pernah lolos dari maut biasanya bersikap lebih positif dan lebih menghargai kehidupan.
Tetapi meskipun demikian mbakbro yakin tidak ada seorang pun yang ingin berada dalam situasi tersebut karena tidak semua orang mempunyai keberuntungan yang sama. Artikel ini merangkum kisah-kisah mereka yang berlomba melawan maut dan berhasil melewatinya sehingga dapat berbagi kisahnya dengan kita. Berikut daftar 5 foto orang-orang yang berlomba melawan maut versi mbakbro.com :

1. Kabur dari “Wedhus Gembel”

letusan gunung pinatubo
Foto di atas adalah hasil jepretan fotografer Alberto Garcia yang menangkap momen ketika sebuah truk tengah melaju kencang berusaha menghindari kejaran awan panas saat meletusnya gunung Pinatubo di Filipina pada tahun 1991. Sang fotografer sendiri juga berada dalam kendaraan yang juga sama-sama berlomba melawan maut di depan truk tersebut.
Suhu awan panas (pyroclastic cloud) atau yang biasa disebut wedhus gembel bisa mencapai 700 derajat celcius dengan kecepatan hingga100 km/jam. Begitu panasnya suhu ini hingga bisa membuat seseorang tewas seketika dengan tubuh bagian dalamnya hangus seperti yang terjadi beberapa saat lalu di Merapi dan Sinabung. Letusan gunung Pinatubo sendiri merupakan salah satu letusan gunung terdahsyat pada abad ke-20 lalu dan menewaskan 847 orang.

2. Terbang dari Saigon

terbang dari Saigon
Pada foto yang diambil tahun 1975 saat perang Vietnam ini, jurnalis dari Belanda bernama Hubert van Es mendokumentasikan jatuhnya kota Saigon ke tangan pihak komunis dan evakuasi mereka yang bekerja pada pihak Amerika yang berusaha kabur dari maut menumpang helikopter Amerika terakhir.
Operasi evakuasi Amerika yang disebut Operation Frequent Wind, adalah merupakan operasi evakuasi helikopter terbesar dalam sejarah. Meskipun demikian tidak semua orang yang berada dalam foto itu selamat karena helikopter tersebut hanya mampu menampung 14 orang, sebuah jumlah yang sebenarnya sudah jauh melampaui kapasitas. Hingga sekarang mereka yang tidak mendapatkan tempat tidak pernah lagi terdengar beritanya.

3. Dikejar tsunami

dikejar tsunami
Seorang turis dari Swedia, Rydevik, berhasil mengabadikan momen saat para turis dan warga berlomba menyelamatkan hidupnya saat tsunami menerjang resort di pantai Ao Nang, Thailand, yang dikunjunginya ketika dia berlibur di tahun 2004. Menurut Rydevik, semua orang yang ada dalam foto tersebut selamat meskipun sempat terbawa ombak.
Malangnya tidak semua orang di resort tersebut selamat bersama sekitar 200 orang lain yang ada di dekat pantai pada hari itu. Tsunami tersebut merupakan gelombang kedua dari bencana alam paling mematikan di abad ini setelah gelombang pertama menghantam pantai Aceh dan sekitarnya, merenggut nyawa lebih dari 200 ribu orang dengan korban jiwa terbanyak dari Indonesia.

4. Jembatan Pyongyang

jembatan Pyongyang
Hampir sama kisahnya dengan foto terbang dari Saigon di atas, fotografer Max Desfor yang mengambil foto di atas pada tahun 1950 juga mengabadikan kisah orang-orang yang melarikan diri dari maut di tangan pihak komunis Korea Utara melalui jembatan Pyongyang yang setengah runtuh.
Mereka yang nekat menyeberangi sungai Taedong untuk menghindari kejaran tentara Korea Utara tersebut adalah mereka yang bersimpati pada pihak Korea Selatan. Jika mereka tetap tinggal di sana, maka sama artinya dengan bunuh diri karena saat itu Perang Korea berada di episode akhir dimana kekalahan Korea Selatan yang dibantu Amerika tinggal menunggu waktu.

5. Terjebak kebakaran hutan

keluarga Tim Holmes
Diambil pada tahun 2013, foto di atas adalah saat dimana keluarga Tim Holmes berusaha menghindari maut yang mengepung mereka dalam bentuk kebakaran hutan. Sekitar 100 rumah di kota Dunalley, Australia, hangus terbakar pada hari itu akibat kebakaran hutan.
Foto di atas diambil sendiri oleh Tim Holmes sesaat sebelum dia pergi berenang untuk mencari perahu. Setelah selama dua setengah jam berendam di dermaga yang juga sudah mulai terbakar dengan hawa yang sangat panas, Tim Holmes akhirnya berhasil menemukan sebuah perahu yang dapat digunakan. Sesaat kemudian tiang dermaga yang sebelumnya mereka gunakan berlindung juga habis terbakar.
Bagaimana menurut pendapat Anda? Silahkan tulis komentar Anda pada kolom di bawah. Terimakasih.

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "5 Foto Orang Yang Berlomba Melawan Maut"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.