loading...

5 Pedang Paling Misterius Dalam Sejarah Yang Melegenda

Banyak sekali senjata pedang yang dikenal sebagai senjata legendaris. Dibumbui dengan kisah pertumpahan darah dan peperangan, pedang-pedang ini bahkan kini lebih dikenal dengan kisah mistisnya, bercampur dengan fakta dan fiksi yang melatarbelakanginya.
Beberapa pedang diyakini mempunyai kisah yang benar-benar melegenda, sementara beberapa lain kisahnya terlalu aneh untuk dipercaya kebenarannya. Tetapi yang jelas, pedang adalah senjata yang mempunyai pengaruh paling besar dalam sejarah di masa lalu. Berikut daftar 5 pedang paling misterius dalam sejarah dan legenda versi mbakbro.com :

1. Legenda Pedang Zulfiqar

pedang Zulfiqar
Di kalangan umat Islam, banyak yang menganggap pedang Zulfiqar adalah pedang paling legendaris yang pernah ada. Asal usul pedang ini sendiri seperti legenda yang lain mempunyai banyak versi. Ada yang menyatakan pedang Zulfiqar adalah peninggalan dari Nabi Daud yang akhirnya jatuh ke tangan Nabi Muhammad, sementara ada pula yang menyatakan bahwa pedang ini didapat Rasulullah sebagai rampasan perang Badar.
Tetapi yang pasti, pedang ini akhirnya diberikan kepada sepupu Nabi Muhammad, Sayidina Ali, salah satu prajurit muslim terbaik kala itu. Dan di tangannya pedang ini menjelma menjadi senjata maut yang membuatnya ditakuti musuh-musuh Islam. Inilah sebabnya mengapa kemudian banyak pemeluk Islam memberi nama anak mereka Zulfiqar, sebagai harapan agar putra mereka menjadi seorang yang kuat dan pemberani seperti Ali bin Abu Thalib.

2. Legenda Pedang Bercabang Tujuh

pedang bercabang tujuh
Pada tahun 1945, sebuah pedang misterius ditemukan di kuil Sisonokami. Pedang ini terbilang sangat aneh karena mempunyai enam cabang di samping kanan kirinya (ujungnya dianggap sebagai cabang ke tujuh). Pedang tersebut sudah dalam kondisi yang agak rusak, tetapi masih terbaca sebagian inskripsi yang tertulis di bilah pedang tersebut.
Inskripsi selengkapnya memang masih menjadi bahan perdebatan hingga sekarang, tetapi yang jelas pedang tersebut adalah hadiah dari raja Korea kepada Kaisar Jepang, Jingu dari masa Nihon Shoki. Hal ini sesuai dengan apa yang disebutkan dalam naskah-naskah kuno yang ditemukan di China, Korea dan Jepang. Para ilmuwan dari ketiga negara tersebut juga meyakini bahwa legenda pedang bercabang tujuh yang dianggap memiliki kekuatan mistis milik Kaisar Jingu memang benar adanya.

3. Legenda Pedang William Wallace

pedang William Wallace
Legenda menyebutkan bahwa William Wallace (karakter yang diperankan dengan sangat baik oleh Mel Gibson dalam film Braveheart), menggunakan kulit manusia sebagai sarung pedang. Orang naas yang dikuliti William Wallace adalah Hugh de Cressingham, juru tagih pajak kerajaan Inggris yang dikalahkannya dalam perang Stirling Bridge.
Setelah kematian Wallace, raja James IV mengganti sarung pedang Wallace dengan bahan lain seperti yang sekarang terpajang di National Wallace Monument. Apakah Wallace benar-benar menggunakan kulit manusia sebagai sarung pedangnya? Ada perbedaan pendapat yang mendasar dalam hal ini. Sebagian menyatakan Wallace benar-benar melakukannya sementara sebagian lagi berpendapat bahwa rumor tersebut sengaja disebarkan oleh pihak kerajaan Inggris agar pahlawan Skotlandia tersebut terlihat sebagai seorang yang liar dan kejam. Dan seperti banyak legenda yang lain, kebenarannya menjadi samar ditelan waktu.

4. Legenda Pedang Dalam Batu

pedang dalam batu
Legenda pedang yang menancap dalam batu seringkali dihubungkan dengan Legenda King Arthur dari Inggris. Tetapi pedang yang satu ini tidak berada di Inggris melainkan di Italia, tepatnya di Kapel Montesiepi, Tuscany. Orang yang menancapkan pedang itu adalah Galgano Guidotti yang lahir pada tahun 1148.
Setelah menghabiskan masa mudanya menjadi seorang ksatria yang sering berperang kemana-mana, Guidotti akhirnya pensiun sebagai seorang pertapa di dekat kota kelahirannya. Pedang yang selalu menemaninya di masa muda akhirnya ditancapkannya ke dalam sebuah batu. Satu tahun kemudian, Guidotti meninggal dunia dan menurut legenda, setelah kematiannya banyak orang berusaha mencuri pedang tersebut namun semuanya gagal. Bahkan seorang pencuri harus kehilangan nyawa dimangsa binatang buas. Tulang belulang tangan pencuri tersebut hingga kini disimpan di samping pedang Guidotti.

5. Legenda Pedang Honjo Masamune

pedang Honjo Masamune
Masamume adalah pembuat senjata dari Jepang yang dianggap sebagai salah satu yang paling hebat dalam sejarah. Hidup antara tahun 1288-1328, karya-karya Masamune telah melegenda hingga sekarang. Pedang-pedang buatannya mempunyai reputasi tinggi dari segi kekuatan, ketajaman dan dari segi artistiknya. Sayangnya Masamune tidak selalu menandai karya-karyanya sehingga sulit untuk mengidentifikasi semua karyanya.
Tetapi karya paling istimewa dari Masamune adalah pedang bernama Honjo Masamune. Kenapa istimewa? Karena pedang ini menjadi lambang shogun Jepang selama periode Edo. Pemilik terakhir yang diketahui adalah Tokugawa Iemasa, yang menyerahkan pedang ini bersama 14 senjata pusaka lain ke sebuah kantor polisi di Mejiro, Jepang pada Desember 1945. Satu bulan kemudian, pedang itu diserahkan kepada tentara Amerika dan sejak saat itu pedang itu hilang jejaknya hingga sekarang. Pedang Honjo Masamune adalah salah satu artifak bersejarah paling penting yang hilang karena Perang Dunia II.


Bagaimana menurut pendapat Anda? Silahkan tulis komentar Anda pada kolom di bawah. Terimakasih.

Baca juga :




Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "5 Pedang Paling Misterius Dalam Sejarah Yang Melegenda"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.