Daftar 5 Hukuman Penjara Terlama Di Dunia

Hukum di berbagai belahan dunia sama anehnya dengan di Indonesia. Jika di negara kita keanehan hukum biasanya berkaitan dengan jumlah uang yang dimiliki terdakwa, di luar negeri berkaitan dengan lama hukuman yang dijatuhkan. Karena di beberapa negara tidak menganut hukuman mati, maka sebagai gantinya para penjahat yang melakukan kejahatan berat biasanya dihukum dengan hukuman penjara yang sangat lama, bahkan ada yang mencapai ribuan tahun.
Tetapi anehnya, hanya satu di antara lima terdakwa dalam daftar di bawah ini yang merupakan pembunuh serta tidak semua terdakwa melakukan kejahatan yang berat. Bahkan rekor hukuman penjara terlama, yakni selama 384.912 tahun dijatuhkan oleh pengadilan kepada seorang tukang pos yang lalai mengirim surat. Berikut daftar 5 hukuman penjara terlama di dunia versi mbakbro.com :

1. Gabriel March Grandos (384.912 tahun)

tukang pos malas
ilustrasi
Hakim dan juri yang mengadili pemuda ini pastilah orang-orang yang sangat tegas. Pada tanggal 11 Maret 1972, seorang pemuda berusia 22 tahun bernama Gabriel March Grandos dari Majorca, Spanyol, diputuskan bersalah karena lalai mengirim 42.768 surat. Hukuman ini dijatuhkan karena pemuda ini dituduh melakukan penggelapan dan pengadilan Spanyol rupanya sangat keras terhadap kasus kelalaian petugas negara semacam ini.
Hukuman ini hingga sekarang merupakan rekor dunia untuk hukuman penjara terlama karena untuk 1 surat yang lalai dikirimkan, Gabriel dihukum 9 tahun penjara. Hingga apabila dikalikan 9 x 42.768 maka hasilnya adalah 384.912 tahun penjara.

2. Mae Chamoy Thipyaso (141.078 tahun)

Mae Chamoy Thipyaso
Mae Chamoy Thipyaso
Pada tahun 1989, Thailand digemparkan dengan penipuan korporasi yang memakan korban lebih dari 16.000 orang dengan jumlah uang yang sangat fantastis, yaitu $204 juta. Guinness Book of World Records mencatat kasus ini sebagai penipuan dengan jumlah uang paling banyak.
Pelakunya adalah Mae Chamoy Thipyaso, seorang isteri dari pejabat Angkatan Udara Thailand yang menggunakan skema Charles Ponzi untuk menipu para investor. Charles Ponzi yang menjadi penggagas skema penipuan ini hampir 50 tahun yang lalu ‘hanya’ dihukum selama 17 tahun tetapi pengadilan Thailand rupanya menganggap kejahatan ini sangatlah serius karena korbannya begitu banyak hingga akhirnya menjatuhkan hukuman penjara selama 141.078 tahun kepada Chamoy bersama 7 orang anak buahnya. Kalau di Indonesia mungkin hanya kena di bawah 5 tahun.

3. Charles Scott Robinson (30.000 tahun)

Charles Scott Robinson
Charles Scott Robinson
Kalau yang ini mbakbro rasa sangat layak untuk dihukum penjara selama itu karena kejahatannya dilakukan terhadap anak-anak. Itulah sebabnya ada satu peraturan tidak tertulis yang sama-sama disetujui baik oleh para narapidana maupun masyarakat umum yaitu adalah ‘jangan sentuh anak-anak’. Dan rupanya hakim dan juri yang mengadili Charles Scott Robinson sama-sama sepakat dengan peraturan ini.
Charles Scott Robinson adalah seorang pedofil yang memangsa 6 anak. Pada tanggal 23 Desember 1994 pengadilan Oklahoma memutuskan hukuman 5.000 tahun penjara untuk setiap anak yang menjadi korbannya, hingga apabila dikalikan 6 x 5.000 = 30.000 tahun penjara. Tentunya dengan hukuman selama itu para orangtua dan anak-anak di Oklahoma bisa bernafas lega.

4. Allan Wayne McLaurin Jr. (21.250 tahun)

Allan Wayne McLaurin Jr.
Allan Wayne McLaurin Jr.
Penjahat yang satu ini melakukan hampir semua jenis kejahatan termasuk perkosaan, sodomi, penculikan, penganiayaan, perampokan dan pencurian. Karena itu hakim dan juri memutuskan hukuman selama 21.750 tahun penjara. Setelah melakukan banding hukuman ini dikurangi 500 tahun hingga menjadi 21.250 tahun.
Hukuman ini jauh melebihi batas hukuman yang ditetapkan di Tulsa County yang membatasi ‘hanya’ selama 1.000 tahun untuk memastikan para penjahat berbahaya di kota itu tidak akan menghirup udara bebas lagi.

5. Dudley Wayne Kyzer (10.000 tahun)

Dudley Wayne Kyzer
Dudley Wayne Kyzer
Pada perayaan Halloween tahun 1976, Kyzer membunuh dengan brutal tiga orang tamu di rumahnya. Para tamu itu bukanlah orang asing tetapi adalah anggota keluarganya sendiri. Korban pertama adalah Diane, isterinya yang sudah pisah rumah, kedua adalah ibunya Eunice Barringer dan ketiga adalah Rick Pyron.
Pada mulanya pengadilan Alabama bermaksud untuk menjatuhkan hukuman mati kepada Kyzer namun akhirnya dirubah menjadi hukuman penjara selama 10.000 tahun. Dengan hukuman selama ini Kyzer seperti juga orang-orang yang ada dalam daftar ini tidak mungkin lagi menghirup udara bebas. Andai saja pemerintah Indonesia menjatuhkan hukuman seberat ini kepada para koruptor!

(sumber
Baca juga : Ibu ini dipenjara karena anaknya sering bolos dan 5 penjara paling mewah di dunia

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

2 Responses to "Daftar 5 Hukuman Penjara Terlama Di Dunia"

  1. 384 ribu tahun penjara maksudnya bgmn ? Itu sih sama aja dgn seumur hidup...

    ReplyDelete
  2. Hehehe °♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧ tuh

    ReplyDelete

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.