Daftar 5 Fakta Unik Tentang Ciuman

Hampir semua orang pernah mencium, dicium atau ingin mencium seseorang. Di belahan bumi manapun juga, para remaja selalu memimpikan momen pertama bibir mereka bertemu bibir orang yang disukainya. Secara kultural, konotasi ciuman memang sangat bervariasi. Sebuah ciuman bisa berarti ekspresi cinta, sayang, ketertarikan akan lawan jenis, persahabatan, penghormatan, salam pertemuan, perdamaian, dan salam perpisahan. Sementara dalam bentuk lain ciuman bisa digunakan sebagai sarana ritual, tanda kesetiaan, atau sakramen. Misalnya dalam agama Islam, disarankan agar apabila bertemu dengan orang yang lebih tua untuk mencium tangan, atau ketika mendapatkan berkah untuk bersyukur dengan mencium lantai/tanah (sujud syukur).
Seperti juga aspek kehidupan yang lain, ciuman pun memiliki beberapa fakta unik yang mungkin Anda belum tahu. Contohnya, tahukah Anda bahwa ketika mencium seseorang, manusia akan mengeluarkan hormon yang disebut dopamine. Hormon ini mempunyai efek seperti kokain, yaitu meningkatkan hasrat dan energi tubuh serta mengurangi nafsu makan. Lalu apa saja fakta unik lainnya? Berikut daftar 5 fakta unik tentang ciuman versi mbakbro.com :

1. Negara anti ciuman

Richard Gere dan Shilpa Shetty
Richard Gere dan Shilpa Shetty
Mungkin memang terdengar aneh, tapi ternyata beberapa negara menganggap ciuman di tempat umum sebagai hal yang melanggar hukum. Pada tahun 2014, seorang profesor dari Mexico bernama Manuel Berumen ditangkap karena mencium isterinya di depan umum. Di Arab Saudi bahkan lebih parah lagi. Pada tahun 2010, seorang pria dikenai hukuman cambuk dan penjara selama 4 bulan karena memeluk dan mencium pasangannya. Kemudian pada tahun 2007, aktor Richard Gere dan Shilpa Shetty ditangkap ketika beradegan ciuman untuk sebuah iklan pencegahan AIDS di New Delhi, India. Masyarakat di sana juga membakar foto mereka berdua karena dianggap telah melakukan tindakan yang melanggar aturan.

2. Rekor dunia untuk ciuman

Ekkachai dan Laksana Tiranarat
Ekkachai dan Laksana Tiranarat
Saat ini rekor dunia untuk ciuman terlama dipegang oleh pasangan dari Thailand, Ekkachai dan Laksana Tiranarat. Mereka memecahkan rekor ciuman pada tahun 2013 setelah berciuman selama 58 jam, 35 menit dan 58 detik dalam sebuah acara Ripley’s Believe It Or Not.
Rekor sebelumnya dipegang oleh Andrea Sarti dan Anna Chen dengan waktu ciuman selama 31 jam dan 18 menit. Pasangan ini harus berhenti karena keduanya hampir pingsan, bahkan Sarti memerlukan pernafasan oksigen. Hadiah uang sebesar 152 juta dari pemecahan rekor itu digunakan oleh Sarti dan Chen untuk menggelar pernikahan.

3. Kira-kira 10 persen penduduk dunia tidak pernah berciuman

Eskimo kiss
Eskimo kiss
Di jaman modern ini, ternyata tidak semua penduduk dunia mau berciuman meskipun tidak ada undang-undang di negara mereka yang melarangnya. Hal ini dikarenakan beberapa sebab, diantaranya karena masalah adat dan kepercayaan, lingkungan geografis dan lain-lain.
Contohnya di negara Sudan, penduduknya tidak mau berciuman karena meyakini bahwa mulut adalah jendela jiwa. Mereka takut apabila jiwa mereka ‘tercuri’ apabila mereka berciuman dari mulut ke mulut. Contoh lain di Eskimo, penduduknya tidak mau berciuman mulut ke mulut karena mengundang bahaya. Hawa dingin yang ekstrim di sana bisa membekukan dan mengunci mulut mereka apabila berciuman. Orang Eskimo cukup hanya menempelkan hidung masing-masing sebagai gantinya. Ciuman seperti ini dikenal dengan sebutan ‘Eskimo Kiss’.

4. Hewan ternyata juga ‘berciuman’

Ciuman simpanse
Ciuman simpanse
Meskipun mungkin tidak sama persis seperti ciuman ala manusia, beberapa jenis hewan juga mengekspresikan kasih sayang lewat ciuman. Contohnya pada simpanse, mereka sering mendemonstrasikan ciuman setelah berkelahi sebagai tanda berbaikan kembali. Penelitian menunjukkan tingkah laku ini tidak hanya terbatas pada simpanse, beberapa primata juga ‘berciuman’ dengan cara mereka masing-masing.
Contoh lain adalah gajah. Salah satu hewan paling ‘pintar’ dan emosional di bumi ini seringkali menunjukkan rasa duka ketika kehilangan salah satu anggota kawanan dengan cara memasukkan belalai mereka ke dalam mulut gajah lain sebagai upaya menghibur dan menenangkan diri.

5. Ritual ciuman massal

Omed-omedan di Bali
Omed-omedan di Bali
Sementara di beberapa daerah lain di Indonesia ciuman di tempat umum masih dianggap tabu, ternyata di Bali malah rutin diadakan festival ciuman massal. Ritual yang disebut omed-omedan ini dilaksanakan oleh muda-mudi Banjar Kaja Sesetan, Denpasar. Ritual ini sudah ada sejak kurang lebih 1 abad lalu dan hanya warga Banjar Kaja Sesetan berumur antara 17 hingga 30 tahun yang boleh berpartisipasi.
Ritual ini dilaksanakan setelah acara doa bersama kemudian masing-masing peserta dibagi dalam dua kelompok berdasarkan jenis kelamin. Masing-masing kelompok saling berhadapan di jalan utama desa, kemudian dengan isyarat dari pemimpin acara, kedua kelompok maju bersama-sama. Peserta pria kemudian mencium peserta wanita sementara warga lain menyiramkan air ke arah mereka. Ritual ini dilaksanakan setelah hari raya Nyepi.

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "Daftar 5 Fakta Unik Tentang Ciuman"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.