Daftar 5 Bukti Nyata Reinkarnasi Manusia

Reinkarnasi adalah konsep filosofis keagamaan bahwa setelah manusia meninggal dunia maka jiwanya akan hidup kembali dalam sebuah raga yang baru. Berasal dari bahasa Latin, reincarnation yang secara literal berarti ‘memasuki raga lagi’ atau ‘perpindahan jiwa’, meskipun konsepnya berbeda-beda reinkarnasi dipercayai nyata adanya oleh beberapa aliran agama Hindu, Budha dan kelompok sempalan agama Islam dan Kristen.
Meskipun sangat sulit untuk memberikan bukti reinkarnasi itu ada, banyak penelitian telah menyatakan bukti adanya reinkarnasi manusia di dunia. Termasuk diantaranya dokumentasi beberapa bukti nyata reinkarnasi yang diberikan oleh anak-anak balita yang secara akal sehat akan sulit untuk memberikan keterangan palsu. Berikut daftar 5 bukti reinkarnasi itu ada versi mbakbro.com :

1. Imad Elawar 

buku tentang Imad Elawar
buku tentang Imad Elawar
Seorang balita bernama Imad Elawar dari Lebanon sering menceritakan tentang kehidupan seseorang yang sama sekali tidak dikenal oleh keluarganya. Diantara nama-nama yang sering diceritakan oleh Imad adalah ‘Mahmud’ dan ‘Jamilah’. Pada usia 2 tahun, Imad pernah memanggil nama seseorang yang lewat di depan rumahnya dan mengatakan bahwa mereka dulu bertetangga. Orang itu sama sekali tidak pernah mengenal Imad dan keluarganya karena dia tinggal jauh dari tempat Imad.
Karena merasa penasaran, keluarga Imad kemudian menghubungi seorang peneliti bernama Dr. Ian Stevenson yang kemudian mengajak mereka bersama-sama mengunjungi daerah yang disebutkan Imad. Di sana Imad kemudian menunjukkan sebuah rumah yang dulu pernah ditinggalinya dalam kehidupan sebelumnya. Imad pun mengenali Mahmud dan Jamilah, suami istri yang tinggal di rumah tersebut sebagai paman dan bibinya dan mengatakan kepada mereka bahwa dia adalah Ibrahim Bouhamzy, keponakan mereka yang meninggal dunia karena sakit di usia 25 tahun. Ketika Imad disuruh menceritakan pengalaman kehidupan Ibrahim Bouhamzy, Mahmud dan Jamilah menyatakan bahwa 51 dari 57 cerita Imad adalah benar adanya.

2. Parmod Sharma 

ilustrasi reinkarnasi
ilustrasi reinkarnasi
Ketika berusia dua tahun, Parmod mengatakan bahwa di kehidupan sebelumnya dia tinggal di Moradabad, India dan mempunyai istri yang pandai memasak. Setahun kemudian, Parmod membuat sebuah miniatur pabrik dari tanah liat dan lagi-lagi mengatakan bahwa di kehidupan sebelumnya dia mempunyai pabrik roti bernama “Mohan Brothers”, di sana dia bekerja bersama keluarganya. Parmod juga mengatakan takut jika dimandikan di dalam bak mandi serta menyarankan keluarganya untuk tidak sekali-kali makan dadih.
Karena seringnya Parmod kecil bercerita tentang hal-hal yang menurut keluarganya tidak masuk di akal, mereka kemudian memutuskan untuk menyelidiki kebenarannya. Di Moradabad mereka mendapat informasi yang mengejutkan tentang seseorang bernama Parmanand Mehra, bos pabrik roti Mohan Brothers yang meninggal di tahun 1943 setelah sakit lambung karena sering makan dadih. Parmanand juga ditemukan meninggal dunia setelah berendam di bak mandi. Fakta lain yang mengejutkan adalah miniatur pabrik yang dibuat oleh Parmod ternyata sama persis dengan denah pabrik roti Mohan Brothers.

Baca juga: 5 orang yang hidup kembali setelah mati dan 5 orang yang lolos dari kematian karena mimpi

3. Gus Taylor 

Gus Taylor
Gus Taylor
Gus Taylor baru berusia 18 bulan ketika dia mulai mengatakan bahwa nama sebenarnya adalah Augie. Di dalam keluarganya, Augie adalah nama salah seorang kakek mereka yang telah meninggal dunia. Ketika ditunjukkan sebuah foto keluarga, Gus dengan tepat menunjuk kakek Augie.
Ketika keluarganya meminta balita itu untuk menceritakan kehidupan kakek Augie, dengan lancar Gus menceritakan secara mendetail pengalaman hidup kakek Augie, termasuk sebuah rahasia lama yang dipendam oleh para orangtua di keluarga itu. Rahasia mana bahkan tidak pernah sekalipun diungkapkan kepada orangtua Gus yaitu tentang adik perempuan kakek Augie yang menjadi korban pembunuhan dan mayatnya dibuang di pantai San Francisco puluhan tahun yang lalu.

4. Cameron Macauley 

Cameron Macauley
Cameron Macauley
Sejak usia dua tahun, Cameron Macauley telah mengatakan pada ibunya bahwa dia berasal dari sebuah pulau bernama Barra yang terletak di pantai barat Skotlandia. Macauley juga bercerita tentang sebuah rumah bercat putih di sebuah pantai dekat lapangan terbang. Selain itu dia juga mengatakan mempunyai anjing berwarna putih hitam dan nama ayahnya di kehidupan sebelumnya adalah Shane Robertson yang meninggal ditabrak mobil.
Karena anaknya sering merengek minta diajak ke Barra dengan alasan kangen kepada ‘ibunya yang lain’, Macauley pun dibawa naik pesawat ke Barra. Dan benar saja, keluarga Macauley menemukan sebuah rumah bercat putih di dekat lapangan terbang yang terletak di pinggir pantai. Rumah itu adalah milik seseorang bernama Robertson dan memang benar keluarga itu dulu memiliki seekor anjing putih hitam yang kini sudah mati. Macauley kecil juga hafal dengan lorong-lorong dan ruangan-ruangan dalam rumah besar itu. Cerita tentang reinkarnasi Macauley didokumentasikan dalam sebuah acara di TV Inggris yang menjadikannya salah satu kisah reinkarnasi terbaik.

5. Edward Austrian

Edward Austrian
Edward Austrian
Seorang anak berusia 4 tahun bernama Edward Austrian mempunyai phobia hari mendung dan awan kelabu. Selain itu balita ini juga mempunyai masalah dengan tenggorokannya dan sering mengeluh kesakitan. Setiap kali tenggorokannya terasa sakit, Edward selalu mengeluh, “Terkena tembakan itu sakit”. Edward kemudian menceritakan pengalamannya secara mendetail ketika di kehidupan sebelumnya dia bertugas sebagai tentara saat perang dunia I dimana akhirnya dia tewas karena terkena tembakan di tenggorokan. Di hari ketika dia tewas, mendung kelabu sedang menyelimuti.
Awalnya dokter mengira anak ini terkenal amandel, tetapi setelah diperiksa ternyata di tenggorokannya terdapat kista yang cukup besar. Anehnya, setelah Edward menceritakan cerita tentang kehidupan sebelumnya, tiba-tiba kista itu menghilang dengan sendirinya. Dokter menyatakan tidak tahu bagaimana tiba-tiba kista yang tumbuh di tenggorokan balita itu tiba-tiba bisa hilang. Karena menurut pengalaman sang dokter, kista tidak mungkin menghilang dalam semalam.

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

63 Responses to "Daftar 5 Bukti Nyata Reinkarnasi Manusia"

  1. Singkat kata, semua fenomena Reinkarnasi adalah perbuatan JINN (mahkluk selain manusia yg diciptakan Tuhan), dengan tujuan menyesatkan manusia.
    Roh manusia yg sudah meninggalkan jasadkasarnya, akan terus menempuh perjalanan panjangnya, dengan membawa beban KESENGSARAAN atau KEBAHAGIAAN- nya sesuai dengan AMAL PERBUATAN selama hidup di dunia, dan nantinya akan berakir di dua tempat Neraka atau Surga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muka lo jinn!! kalo gak tau gak usah ngomong. Banyak lagi rahasia di Alam Semesta ini yg masih belum diketahui. Tidak ada 1 kitab suci pun yg bisa menjelaskan semua fenomena itu. Lu pikir "Surga dan Neraka itu abadi?" Kalo gak tau gak usah sembarang mengambil kesimpulan. Segala fenomena itu sudah diatur oleh Tuhan, baik itu perbuatan jin, manusia, hewan, setan. Jadi mau salahkan Tuhan??

      Delete
    2. Di islam "saklak" surga neraka itu abadi

      Delete
    3. kehidupan di dunia itu sementar,,
      kehidupan kemudian itu abadi,,

      Delete
    4. neh saya tunjukkan ..di kita suci anda Al-Quran ada pernyataan tentang kelahiran kembali : Alqur’an membenarkan adanya reinkarnasi, kajian terhadap konsep “ketuhanan” yang diajarkan oleh guru agung Shidarta Gautama. konsep ini yang paling prinsip untuk menilai kebenaran suatu ajaran.
      Salah Satu Ayat yang membenarkan REINKARNASI :
      “Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (QS 2:28).

      Tuhan berfirman:
      – (Alqur’an) ini adalah penerangan bagi seluruh ummat manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa. (QS 3:138)
      – Sesungguhnya Alqur’an itu benar-benar suatu pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa (QS 69:48)

      Delete
    5. Anda belajar darimana menafsirkan QS.69-28 ini?? Islam tidak pernah INKARNASI. lain kali akan saya jelaskan.

      Delete
    6. Teori dr mana bro? Tau aja seakan2 bukti teori anda sdh mencakup semua universal, Alam itu misterius...tdk akan pernah bs di jelaskan dgn teori apapun. Note that

      Delete
    7. Pak candra yang baik,saya kira tafsir QS 2:28 bukan seperti itu,yang tadinya mati lalu Allah menghidupkan kamu,itu maksudnya,manusia yang dari awalnya tidak ada menjadi ada,kemudian kamu dimatikan dan dihidupkanNya kembali adalah,manusia akan mati dan akan dihidupkan kembali setelah hari kiamat yaitu di hari pembalasan (Yaumul Hisab) Huallahualam bishowab

      Delete
    8. Dalam kehidupan diseluruh Planet di angkasa, Tuhan tidak pernah ikut campur dalam kehidupan Manusia.
      Orang yg tertawa terbahak-bahak dan orang yg menangis tersedu-sedu, itu sama di mata Tuhan.
      Manusia tidak ada bedanya dg Binatang dan Tumbuhan, hanya Manusia memiliki Otak yg lebih sempurna dari pada binatang.

      Manusia, anjing, burung, tanaman, singa, semut, merupakan badan kasar, badan kasar dihidupi oleh Roh.
      Otak manusia pun tidak serta merta pintar dan cangih seperti saat ini, semua melalui tahapan / fase/ evolusi.
      tidak mungkin orang yg hidup 5 juta yg lalu langsung bisa pintar dg diajar dg ilmu sekarang, sebab otak 5 juta tahun yg lalu lebih sederhana dari otak orang sekarang.

      oleh sebab itu Roh merupakan bagian terpenting dalam kehidupan, Roh akan kembali menyatu dengan Tuhan (Moksa), jika Roh tersebut telah Bebas dari Nafsu.

      Delete
    9. Memang ada reinkarnasi dlm bahasa kalian2 itu,tpi reinkarnasinya ntar tu di akhirat,liat Quran 2.28 yg Pak Candra brusaha artikan dgn akalnya.Hargai donk akalnya mngkin cma smp segitu.Perhtikn brp x dihidupkan dan dimatikannya.Dari g ada Dilahirkn->DiMatikn(dunia)->dihidupkan(akhirtt)Dan kemudian kepadaNyalah kamu dikembalikan.(Untuk mempertanggung jawabkan apa yg d lakukan selama di dunia termasuk berdebat tentang artikel ini)

      Delete
    10. Saya tidak percaya kepada reinkarnasi dan menganggap ianya khayalam konyol buddha saja. Tetapi baru2 ini kawan rapat saya memceritakan suatu rahsia yg tidak pernah diceritakan kepada org lain kecuali saya. Beliau mengatakan ditubuh beliau adalah roh atuknya dan beliau telah melalui banyak kali kematian dan kehidupan semula semuanya dgn izin Allah. Beliau malah memceritakan keaadaan sebenar alam kubur..keadaan syurga,neraka,kiamat, permulaan manusia, wajah serta fizikal malaikat dan juga perihal iblis. Beliau didlm ceritanya byk menjurus kpd kasih syg Allah kpd umatnya. Banyak persoalan saya ttg islam bisa dijawabnya tanpa ada pause..make sense dan menepati hukum alam. Tegas beliau tujuan utama manusia diwukudkan didunia ini Sebenarnya adalah untuk membiak2..Sbb itu Allah hanya menurunkan 1 adam dan 1 hawa sahaja (bilangnya nama sebenar bukan hawa... Saya lupa namanya) supaya kita bisa dapat petunjuk darj kisah adam dan hawa itu. Cerita semasa Adam disyurga juga x sama dgn cerita yg biasa saya dengar iaitu Allah murka kerana Adam memakan buah khuldi yg dilarang Nya. Hampir semua ceritanya berkisar akan rahmat Allah. Yg membuat saya semakin takut akan dakwaannya adalah beliau langsung x punya hp atau komputer kecuali TV yg memungkinkan beliau menipu saya. Tidak bekerja dan masyarakat sekelilingnya menganggap beliau seorang tidak siuman. Saya sendiri turut diejek kerna meluangkan masa dgnnya. Peristiwa dimana beliau menggali tanah dilaman rumahnya kerana bilangnya ada wang RM100k hasil rompakan dimasa kehidupan masa lalunya paling memeranjatkan saya. Wang itu benar2 wujud tetapi sudah hancur dimakan tanah kerna puluhan tahun ditanam.. Saya jadi confused apa Sebenarnya rahsia alam yg saya tidak sedari selama ini.

      Delete
  2. Yg mati aj blm prnah kirim kabar

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul !!!!! termasuk keberadaan alam Barzah belum pernah ada yang mati datang balik cerita

      Delete
    2. Ya mungkin kamu yg musti barangkat duluan buat nyari kabarnya

      Delete
  3. populasi semakin banyak bos...reinkarnasi dari mana?reinkar nasi padang gw percaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di dalam konsep kepercayaan agama-agama yang berakar dari India,
      kepercayaan tentang kelahiran kembali bukanlah hal yang berdiri sendiri.
      Namun ada kepercayaan mengenai hukum sebab akibat / karma
      dan kepercayaan mengenai berbagai alam kehidupan selain alam manusia.

      Hukum sebab akibat / karma / pikiran, ucapan, perbuatan akan menentukan jalur ke kehidupan selanjutnya sedangkan adanya berbagai alam lain ( berbagai alam neraka, surga, peta, asura, hewan, brahma, manusia )
      merupakan penanda bahwa makhluk-makhluk di semua alam itu
      tidak kekal, melakukan karma, menciptakan sebab akibat, menciptakan
      kelahiran dan kematian --- tanpa awal dan tanpa akhir.
      Dapat terlahir di alam manapun setelah kematiannya, sesuai kekuatan perbuatannya ( baik / buruk ) --- karma kehidupan sebelumnya adalah energi atau bahan bakarnya
      Pembebasan dari keseluruhan roda ini disebut pembebasan atau kadang
      diistilahkan Nirwana ( Bahasa Sansekerta )
      Nirwana bukan surga.

      Konsep ini memang tidak ada dan tidak bisa dipaksakan
      dengan konsep
      dalam agama Samawi / Abrahamik ( Yahudi, Nasrani, Islam )
      Indonesia saat ini adalah negara dengan mayoritas penganut
      / umat agama Samawi
      lebih banyak dibanding agama-agama yang berakar dari India
      sehingga konsep ke Tuhan an, konsep penghakiman pasca kematian
      lebih dikenal, lebih berakar dan lebih diterima secara luas .

      Mengetahui hal-hal baru dari agama lain tanpa merubah akidah keimanan
      ( dengan tetap berpegang teguh pada agama sendiri )
      merupakan dasar ke Bhinneka an .

      Delete
    2. Manusi di dunia ini awalnya hanya adam dan hawa. Kalau adareinkarnasi kenapa manusia makin banyak?

      Delete
    3. Hanya dalam konsep agama Samawi ( Yahudi / Nasrani / Islam )
      yang mengenal adanya manusia pertama ( Adam dan Hawa )

      Konsep manusia pertama tidak bisa di 'klop' kan dengan konsep
      agama yang berakar dari India karena di sana bukan seperti ini
      walau ada kemiripan dengan konsep Manu dalam agama Hindu
      ( sedangkan dalam agama Buddha tidak ada konsep sejenis )

      Demikian pula sebaliknya, konsep dari agama yang berakar dari India
      semisal 'kelahiran kembali' tidak bisa serta-merta di klop kan
      dengan konsep yang ada dari agama-agama Samawi .

      Delete
  4. Orang yang sering berbuat jahat di kehidupan sebelumnya.., reinkarnasi menjadi kecoa..,

    ReplyDelete
  5. baca ini dulu yuk sebelum komentar :)
    http://drmamanspog.blogspot.com/2012/12/reinkarnasi-di-dalam-al-quran.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuhhh link yang ente share,, tulisan nya "mengada-ngada" cuma ambil potongan potongan ayat,, penafsiran yang keliru dari penulis, rang cuma ambil potongan-potongan ayat nya.. hadeeehhh.. klo mau belajar islam, jgn lewat internet gan, dateng ke pengajian

      Delete
  6. woy pe'ak gk mgkn ad renkarnasi,,
    klo ada pasti raja yang adil tetap memipin sebuah negara gk kyk skrg ,,

    ReplyDelete
  7. Semasih mahluk memiliki perasaan, jiwa,tubuh(baik fisik maupun astral), dimanapun alamnya, dimanapun tempatnya, surga neraka, dunia alam barzakh alam bardo, selama itu manusia diliputi pengalaman rasa bahagia dan rasa menderita. Itulah sebabnya, semua hal yang masih memiliki kondisi dan gambaran, tidak pernah Abadi. Tuhan itu tak terpikirkan tak berkondisi bebas dari bahagia dan derita. Itulah tujuan utama, bebas dari reinkarnasi.. Silakan memilih sorga, tapi jika hati dipenuhi kesedihan. Sorga tak terasa sorga.

    ReplyDelete
  8. yaa bgni lah jadinya kalo ada byk org dg pengetahuan setengah2 tp sok tau n brani komen plus ngmbil kesimpulan sepihak, mlh jd onani wacana yg berbau SARA gene deh. Hrs nya ente2 itu kalo kurang paham ttg materi d atas mending ksh lha komen2 yg sehat n positif, jgn cuma mentingin ego masing2 sbg seorg pemeluk agama ini dan itu. Malu donk sama umur, kalo bisanya cuma ngsih komen2 negatif, provokatif n ga berbobot gitu ckckckckck...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju bro, banyak orang saking fanatik di agamanya.....semua agama diluar di anggap ngak benar.....padahal kalo mau di tanya kejujuran dia , apakah perbuatanyya juga sudah benar ? kok percaya diri berbicara tentang kebenaran ?????

      Delete
  9. Coba pelajari kapan sih agama itu ada dan sebelum ada agama bagaimana peradaban manusia, lalu apakah ada sesuatu di dunia ini yang absulut benar. Menurut saya hanya Tuhan yang benar, apapun yang ada di dunia ini hanya bersifat sementara termasuk agama, begitu tugas Agama selesai dia akan digantikan dengan yang lain sesuai dengan perkembangan kualitas penghuninya saat itu. Mari sambut hari yang lebih baik dengan memahami sang diri , melakukan pelayanan kpd semua mahluk dan bersyukut atas diberikanya kesempatan sebagai manusia. Membahas sesuatu yang bersifat ilahi hanya dapat dilakukan dengan keilahian juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sok ilmuwan lu bro,tpi dri gaya bhsa lu w bsa nilai pendidikan lu di bwah rata2

      Delete
  10. Yah yang ga percaya silahkan. Masih ingat waktu sejarah galileo. Dia berpendapat bumi itu bulat Dan pusat dari galaksi kita bukan bumi tp matahari..Kan ada agama yang ga percaya. Terserah, walaupun agama tertentu ga percaya smp mati orangnya kek, mau orang sebagian besar ga percaya daan menggangap teori itu , menyesatkan,tetap tidak merubah kenyataaan bahwa bumi itu bulat dan mataharilah yg jd pusat bukan bumi. Hal itu baru dikettahui beratus2 tahun kemudian.. so, buat yg ga percaya silahkan aja.. mau anda ga percaya kek, tetap ga akan merubah kenyataan kl reinkarnasi itu ada. Hanya krn anda tidak percaya, bukan berarti itu ga ada. saya percaya reinkarnasi. Justru krn reinkarnadi maka br adil dunia ini. Anda 2 kl punya anak, apa bakal pilih kadih contoh anak anda yg a, di sekolahin, di kursusin, fiksdih baju bagus dll, srmentara anak anda yg lain, ga diperlakukan sama? Tentu tidak kan., Kita semua ini anak Tuhan. Mana mungkin Tuhan ga adil. Anaknya yg ini lahir di keluarga kaya, pinter, cakep, ga kekurangan,bisa sekolah di luar negri,smtr anak Tuhan yg lain yg lain, lahir di kolong jembatan, buat makan susah, boro2 sekolah. Tentu tidak. Tuhan sangat aDil. Kl di kehidupan sebelumnya org iti ga beramal, yah di kehidupsn akan datang biasanya miskin.. org2 yang seting melakuksn kejahatan dgn anggota tubuhnya, bjkan hal yg ga mungkin di hidup selanjutnya lahir cacat mata, atau bisu tuli..tuhan sangat adil Tethadap srmua anaknya. Anak yg baik, akan lahir dgn penuh berkah di hidup akan datang.yg suka buang2 rejeki, air, makanan akan lahir kesusahAn .adil banget Tuhan. Ga peduli anda agama apapun, Tuhan pasti adil. anda ga percaya silahkaaan, toh tidak akan membuat reinkarnasi jadi ga berlakku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuhan beranak? Jgn samakan konsep (manusia,hewan,tumbuhan) dengan menyebutkan tuhan beranak. Tuhan tidak berwujud manusia. Untuk membuktikan agama mana hasil dari pemikiran manusia atau agama mana yg merupakan anugrah tuhan. Tuhan itu satu. Kenapa banyak agama???? Karena manusia seringkali menganggap dirinya pintar untuk mengartikan fenomena yg ada akhirnya mereka mengada2 atau mengubah ketentuan Allah SWT sebagai sang pencipta langit dan bumi beserta semua yg ada didalamnya.

      Delete
  11. Orang IT seringkali sulit menjelaskan konsep-konsep IT ke orang-orang non IT. Tapi konsep-konsep itu tetap bisa dipelajari oleh orang-orang non IT dengan belajar, atau setidaknya dengan baca buku. Sayangnya kalau di sini, jangankan mau belajar IT, cuma sekedar diberitahu atau di sodorkan informasi tentang IT pun malah di tolak mentah-mentah tutup muka bahkan ada yang menyumpahi dan mengharamkan. Padahal dengan baca buku-buku IT bukan berarti otomatis menjadi profesional IT.

    ReplyDelete
  12. penjelasan mbak yuli, top juga, walau sy ga percaya Tuhan, semua ini cmn fenomena alam, hukum semesta, hukum energi.

    penjelasan anonymous tentang orang IT, ok juga, sy orang IT, susah jelasin ke orang orang yang ga berpikir secara IT.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wong belum pernah mati, kok yo eyel eyelan......

      Delete
  14. Untukmu agamamu,untuk aku agamaku..hormati keimanan sesama manusia@sbg muslim sy hanya menanggapi bhw potongan2 ayat tdk bisa ditafsirkan sbg reinakarnasi dlm Al-Quran. Contoh(2:28) itu periode manusia sejak alam roh-hidup dunia-alam kubur-dibangkitkan@tdk cocok dgn konsep reinkarnasi@salam

    ReplyDelete
  15. Kebanyakan orang berpikir mengggunakan ego nya masing-masing dan fanatik agama masing2.. agama sendiri diciptakan oleh manusia. manusia mana ada yg sempurna??? penafsiran2 kitab suci berat, org awam sulit untuk memahami nya.. kalau dipaksai untuk memahami ny menggunakan ego, akhir nya ribut antar agama

    ReplyDelete
  16. Yang penting..tidak usah mengaku paling tau atau menjastifikasi agama lain atau kepercayaannya. pelajari sepenuhnya baru komen,kalo setengah-setengah..ya jangan komen berupa penghakiman..Apapun agama kita, percayalah Tuhan hanya satu, agama adalah jalan yang ditunjukkan kepada kita agar sampai pada Yang Satu. Hanya kita menyebutNya dalam berbagai nama, namun sesungguhnya Beliau mutlak Maha Esa, tidak ada duanya. Bhineka tunggal Ika, Tan Hana Dharma Mangrua, berbeda beda tetapi tetap satu, tidak ada kebenaran yang kedua.
    Ada lima dasar keyakinan Agama Hindu, Percaya Tuhan, percaya Atma (sumber kehidupan/bukan roh, tapi Jiwa),percaya karma phala, percaya reinkarnasi, percaya Moksa (menyatunya jiwa dengan Tuhan,kebahagiaan yang abadi). Semua terkait satu sama lain dan bisa dijelaskan secara akal yang bisa diterima manusia. Atma adalah Tuhan itu sendiri, jadi intinya, dalam tubuh tiap mahluk hidup, ada Tuhan. bagai sinar matahari dan matahari itu sendiri. Ada kharma phala. Salahnya, kebanyakan orang berkonotasi negatif begitu mendengan Karma, padahal, karma Phala artinya buah dari perbuatan. Siapa menanam, dia menuai hasilnya, ga mungkin tertukar, nyerempet orang lain aja ga. Makanya, ga ada keberuntungan. Tuhan Maha adil seadil adilnya. apapun yang kita peroleh, itu akibat yang kita lakukan. begitu sederhananya hukum karma phala. cuma, kita tidak akan tahu, kapan, dimana dalam bentuk apa hasil yang akan diterima. sehingga dikenal tiga hal, berbuat sekarang, hasil diterima sekarang, berbuat sekarang, hasil diterima di kehidupan berikutnya, dan hasil yang diterima sekarang, bisa jadi dari perbuatan yang terdahulu Semua adalah rahasia Tuhan. Kita dilahirkan kembali artinya untuk memperbaiki kualitas hidup sekaligus memperbaiki kesalahan yang kita perbuat sebelumnya. ada orang yang sejak lahir dilahirkan dalam keadaan serba kekurangan sampai akhir hayat, padahal kehidupannya dipenuhi oleh kebajikan, ada pula sejak lahir selalu berlebih, sampai mati seakan ga pernah susah, padahal semasa hidup penuh kejahatan. jawabannya karma phala dan reinkarnasi. karena tujuan hidup bukan sekedar Surga, melainkan Moksa, dimana jiwa kita menyatu dengan penciptanya dan sejak itulah dikatakan terbebas dari hukum karma phala dan reinkarnasi. Jadi, kesimpulanya, Tuhan adalah Maha Esa, dan berbuatlah kita hanya demi kewajiban kita, bukan karena pahala yang kita perhitungkan, karena Tuhan Maha Adil. Apa kewajiban kita, itulah sudah ditangkan dalam kitab suci kita.

    ReplyDelete
  17. antara percaya dan tidak percaya...

    ReplyDelete
  18. dari milyaran umat manusia cuma 5 doang ni yg punya cerita gini ? trus lsg percaya gt aja ? ckckckck.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga pendapat, ga setuju ya ra po po, monggo dibantah, apalagi punya jawaban dari semua kehidupan yang kita alami. Seperti catatan diatas, 'Silahkan berkomentar dengan bijak...'

      Delete
  19. wah wah wah, buat yg percaya reinkarnasi, sy mau tanya, anda-anda ini sekarangkan masih hidup, betulkan. lalu dimasa lalu anda, anda ini reinkarnasi dari siapa?
    hayo jawab. kalo gak bisa jawab, dan jawabnya asal2an. berarti sudah seharusnya selesai pembahasan ini, bahkan tidak ada ( T I T I K )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah keistimewaan kita sebagai manusia. kita dianugrahi sifat LUPA...dan sekali lagi, itulah rahasia Tuhan. Kalo gitu saya balik tanya, apa jawaban dari semua kehidupan ini, seperti uraian diatas?jika anda tidak setuju..

      Delete
    2. apa anda percaya adanya Tuhan?
      anda percaya manusia itu yang menciptakan Tuhan?
      jika anda percaya, untuk apa manusia di hidupkan?
      kemudian untuk apa manusia di matikan?

      sy berasumsi anda percaya manusia dalam kehendak tuhan sepenuhnya,.
      Tuhan menciptakan manusia dengan berbagai sifat, baik dan buruk.
      walaupun demikian Tuhan hanya suka dengan manusia yang baik terutama yang taat pada-Nya.

      jika tuhan hanya menginginkan manusia baik, lalu untuk apa tuhan menciptakan manusia buruk?

      jika tuhan mematikan manusia yang buruk kemudian menghidupkanya lagi menjadi manusia baik, sebenarnya tampa harus mematikannya lagi Tuhan itu maha berkehndak merubah ciptaanya menjadi yang Dia inginkan.
      lau kenapa harus repot dengan mematikan dulu? bukankah tuhan maha berkendak?

      jika tuhan mematikan orang yang baik kemudian di hidupkan lagi menjadi orang yang baik pula, ini pun sama, kenapa Tuhan tidak memanjangkan umurnya saja? bukankah tuhn itu maha berkendah?
      kenapa harus repot mematikanya dulu?

      #silahkan...

      Delete
  20. Kok malah jadi seperti debat kusir???
    Semua orang di atas selalu atau masih menggunakan logika/otaknya. Mau reinkarnasi itu ada atau tidak, terdapat di semua kitab suci atau tidak, tidaklah penting. Semua terserah Tuhan yang menciptakan kita. Pernahkah kalian berfikir atau merasakan bahwa kita selalu mengurusi tentang surga, neraka, dosa, pahala, agama, kitab suci, kepercayaan orang lain yang salah???Bahwa agama kita yang pasti benar???Orang lain yang salah??Seperti kita ini orang yang paling benar??Janganlah diperdebatkan, padahal itu semua urusan Tuhan. Urusan Tuhan jangan dijadikan objek perdebatan.Apalagi isi dari kitab-kitab suci. Jalani isi yang ada di kitab-kitab suci tsb, jangan cuma dibaca saja. Tidak ada gunanya kalau hanya dibaca saja, seperti halnya membaca sebuah koran, komik dan lain-lain..Yang paling penting selalu berpikir positif, berbuat baik kpd sesamanya, selalu memaafkan kpd sesamanya, jangan memaksakan kehendaknya kpd orang lain, dan selalu memohon ampun kepadaNya....

    ReplyDelete
  21. Yang percaya reinkarnansi silahkan dikemudian hari menjadi manusia lagi, yang nggak percaya, silahkan masuk dialamnya masing2 sesuai keyakinannya. enak to, ora usah ribut. Yang penting dunia tentram aman damai. Kitab semua agama mengandung bahasa perumpamaan. tidak bisa diterjemahkan langsung. Hati hati Bro.

    ReplyDelete
  22. Living organisme termasuk manusia ada dua jenis: 1. Whitebnak Body adalah organisme yang dikendalikan oleh soul. Reincarnated Body adalah organisme yang dikendalikan oleh spirit.
    Spirit adalah astral body yang dikendalikan oleh soul.
    Silakan bacra Teori Paralogika.

    ReplyDelete
  23. Jika melihat "reinkarnasi" dr luar bingkai agama: bhw dlm alam semesta terdapat rangkaian keteraturan2 yg kmd disebut sistem. Dlm sistem, tentu ada mekanisme. Dan, sbg pencipta sistem, "Tuhan" tdk akan mengacaukannya. Misalnya, Agama diturunkan ke bumi hrs lewat para "Nabi". Dmk pula buku suci diturun melalui wahyu yg kmd disalin kembali olh para sahabatNya (Tdk di email dr langit).

    Reinkarnasi, adl mekanisme melalui struktur sebab-akibat ato disebut dgn "hukum karma". Kondisi jati diri saat ini adalah cermin perbuatan masa lalu. Perbuatan skrg akan menentukan kondisi saat kelahiran kembali (re-birth) nanti.

    Jika tdk melalui mekanisme alam, mk timbul pertanyaan. Mengapa tdk dgn kehendakNya saja semua berubah jadi baik, tdk perlu adanya jin, iblis, malaikat bahkan hukum karma? Namun, pertanyaan lainnya adl mengapa hrs mengikuti mekanisme alam?..........disinilah terlihat keterbatasan daya pikir manusia utk menjangkau zat Tuhan. Dari pada berargumen di luar penalaran kita....sebaiknya berbuat amal baik sajalah sesuai dgn sifat2 ilahi menurut agama masing2.

    ReplyDelete
  24. Reinkarnasi.... arti konsepnya seperti kehidupan TERUS berjalan dan berputar, hukum energi. seakan semua berasal dari butir2 cahaya/energi,dst. Endless live story.Ya gak sih? (Yg menciptakan semua awal itu, sepakat Tuhan Yang Maha Esa kan atau TUHAN yang hanya SATU kan?) Tapi secara logika dan religi (90% di dunia + atheis sekalipun), sesuatu yang hidup itu akan mengalami kematian. Ada awal dan akhir termasuk dunia. Tapi kalau nanti bisa pindah jadi hewan/tanaman, artinya manusia itu lebih rendah derajatnya dari hewan/tanaman dong. Demikian sebaliknya.Ya gak? Atau jgn2 ada jin/setan yg mati bs terlahir jd manusia jg..atau kebalikan, manusia mati nanti lahir jd tuyul botak? Yang percaya silakan teruskan, yang gak percaya abaikan, yang ragu tinggalkan. Gitu aja kok repot.. Mendingan kita peduli sama sesama yg masih hidup saja drpada debat kusir org yg sdh mati. dan kita belum tau/pernah rasain sendiri. Lebih manfaat saat msh sm2 hidup kan? Urusan keyakinan agama masing2 saja.

    ReplyDelete
  25. Kalo ane ngasi masukan, lebih baik kita nata hidup kita jdi org baik , gak perlu debat mna yg benar. Mau di renkarnasi, mw kagak toh kita masi idup itu uda ada yg ngatur , TUHAN , ALLAH , DEWA , ato apapun anda menyebutNYA , yg pasti DIA MAHA ADIL , dan MAHA SEGALA, sekarang pererat persaudaraan dan jadi berguna untk sesama lebih penting dripada bcra perbedaan pendapat , insyaALLAH lbh barokah. . . . Slm sjahtera semua,

    ReplyDelete
  26. saya sangat tertarik dengan cerita - cerita seperti ini....

    ReplyDelete
  27. Saya tertarik membaca artikel ini, bukan hanya karena isi dari artikelnya namun juga ingin mengetahui tanggapan mereka yang telah membacanya. H0 saya diterima. Ternyata sebagian dari kita memang tidak pernah/mau menerima informasi untuk kemudian dipelajari, dianalisa dan mencoba memahami informasi tersebut sebagai sebuah pengayaan wawasan, yang dapat berguna untuk mengembangkan cakrawala berfikir dan mengembangkan kepribadian menjadi yang lebih baik. Sebagian diantara kita selalu menutup diri dari berbagai informasi, sehingga sulit berkembang dan maju dalam menyikapi berbagai permasalahan berkehidupan. "Tidak akan pernah ada lautan yang dalam, luas, jernih dan menjadi sumber seluruh air di Bumi ini, ketika setiap sungai yang mengalirkan air dengan berbagai kekotorannya dari semua tempat, tidak mau diterimanya". Mantap MbaBro, kembangkan terus kreativitasnya, saya tinggal menikmati hasil kerja keras anda. Pasti bermanfaat.

    ReplyDelete
  28. susah mau ngasih wawasan ke org tolol seperti anonymous :D

    ReplyDelete
  29. Agama itu tidak diciptakan oleh manusia. Agama yg diciptakan manusia (hasil pemikiran dan pengolahan tata bahasa semata) hanya menyesatkan umat manusia hasil manusia sesat yg menciptakan agama itu. Sayapun bisa menciptakan agama behitupun anda" sekalian. Carilah agama yg benar" anugrah dari tuhan. Tuhan itu hanya satu. Tuhan tidak beranak.tuhan tidak membutuhkan makan minum. Tuhan tidak bisa disamakan dengan konsep manusia, hewan atau tumbuhan. Pelajari dan caritahu baik" jgn hanya menjalani agama warisan. Hanya jalur yang benar lah yg akan membawa manusia kedalam surga. Hidup di dunia cuma sekali. Dan sangat menentukan apakah anda akhirnya akan selamanya menjadi penghuni surga ataupun sebaliknya selamanya menjadi penghuni neraka.

    ReplyDelete
  30. Anonymous dan lain-lain .. Kalo mau hujat2 an.. Di forum agama donk kalo brani.. Tidak di forum ginian bawa2 agama.. Udah jelas ne artikel ga bawa2 agama.. Jangan bawa2 agama, setiap agama mengajarkan segala hal masing2.. So, respect aja kan mudah biar gx jdi SARA .. Tapi, sepertinya anonymous ini atheis ya 👻

    ReplyDelete
  31. All is gud coment..otak manusia tidak akan sampai utk memikirkan seluruh jagat raya ini.Semuanya hanya kehendak Tuhan.Tuhan yg maha tau..Semuanya sudah jadi Rahasia Tuhan.kita sebagai manusia hanya mnjalankan kewajiban kita trhdp Tuhan.itu saja...

    ReplyDelete
  32. otak manusia tidak akan sampai utk memikirkan seluruh jagat raya ini dgn seisinya.Tuhan hanya memberikan kita setetes ilmu dn pengetahuanny dari lautan ilmu Tuhan.

    ReplyDelete
  33. allah bisa membuat semuanya menjadi bisa..
    jd janganlah berpikir untuk mendahului-Nya..

    ReplyDelete
  34. Reinkarnasi memiliki "pasar" tersendiri, kita saling menghargai.sebaiknya ambil sisi baiknya saja, yg buruk dibuang. Bagi yg meyakini ya, mungkin dapat diambil sebagai motivasi hidupnya untuk jadi lebih baik. bagi yang tidak meyakini, senyum saja cukup.

    ReplyDelete
  35. yang menentukan arah Karma dan reingkarnasi adalah perbuatan kita sendiri. kita tidak perlu khawatir dengan nasib kita dimasa depan. Kita semua percaya dan yakin bahwa semuah mahkluk hidup baik manusia ataupun binatang memiliki roh. badan fisik ini yang berwujud manusia ataupun binatang hanyalah baju. ketika baju ini telah usang maka kita akan digantikan dengan baju yang baru. tapi baju yang baru itu ditentukan oleh perbuatan kita. bisa saja kita mendapatkan baju (menjadi binatang Kelabang) karena perbuatan dimasa kita didunia sangat jahat. anda tahu kelabang kan? hanya numpang lewat saja sudah dibunuh sama manusia diinjak2, dipotong. dll. itu karena roh yang bersemayang dalam kelabang itu sedang menjalani karmanya. roh itu menikmati perbuatan dimasa lalunya. semesta ini sudah dirancang sedemikian rupa oleh Tuhan. seperti sebuah game komputer yang sudah dirancang dengan cara sistematik oleh programer. Mungkin beberapa orang masih meragukan adanya reingkarnasi. disini saya tidak ingin membuktikan agama mana yang paling benar. tapi disini saya hanya memberikan informasi bahwa inilah konsep Reikarnasi. Tapi jika di agama lain tak mempercayai konsep Reingkarnasi ini tak apa. yang penting anda tetap menjalankan amalan2 baik yang diperintahkan dalam kitab kalian. Kunci kehidupan adalah PERBUATAN (Perkataan, tingkah laku, pikiran) apapun agamamu marilah kita bersama2 membangun kehiduapan manusia yang lebih baik dan damai. Jika anda lapar carilah makan. jika anda butuh kendaraan belilah mobil. jika anda tak punya uang carilah pekerjaan. jika anda lelah istirahatlah sejenak. selesaikanlah tanggung jawab anda di dunia ini. Manfaatkanlah kehidupan yang baik ini untuk mendapatkan hasil (karma) yang baik. maaf bukan maksud menggurui tapi saya hanya menuliskan dari pengalaman hidup saya. Sukseme

    ReplyDelete
  36. Masi makan daging? Masi memperbolehkan menyembelih hewan? Jangan ngaku bener.... Hewan yg di potong jga pnya rasa sakit kalo nggak percaya potong aja leher sendirii ..... Ha ha ha

    ReplyDelete
  37. Masih percaya reinkarnasi manusia? Capek2 debat. Lha..coba di baca lagi, yang percaya ya guoblok aja tho.... Dah jelas2 di atas semua disebutkan si A usia 2thn, si B usia 2thn, yg paling aneh dn mengherankan, yg paling kecil usia 18bln kok ya mampu bercerita seperti yg dijelaskan di atas? Lhaa kok ndak mikir, sy umur 18 bulan masih cari tukang gorengan, boro2 cerita panjang lebar ttg hidup, beli bakwan aja ngomongnya "mamang mau golengan atu, ngangan ndes ndes ya" HAHAHAHAHAA THINK AGAIN 😉

    ReplyDelete
  38. Lebih jangan pada komentar orang" naif dan munafik, kita sebenarnya tidak tau apa".

    ReplyDelete

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.