Daftar 5 Kasus Pencurian Terbesar Di Dunia

Dalam istilah bahasa Inggris, Heist diartikan sebagai pencurian/perampokan sebuah institusi misalnya museum atau bank, atau bisa juga diartikan pencurian/perampokan dengan hasil jarahan yang sangat banyak. Pencurian semacam ini biasanya sudah direncanakan dengan matang karena hampir semua institusi yang menyimpan harta sedemikian banyak tentunya juga mempunyai keamanan yang sangat ketat. Demikian matangnya perencanaan yang dilakukan hingga kadang-kadang membuat polisi sulit mengungkap siapa pelakunya.
Banyak diantara kasus-kasus heist yang menjadi inspirasi sebuah film, misalnya The Heist (1971), The Squeeze (1977), Thief (1981), Snatch (2000), Ocean’s Eleven (2001), The Italian Job (2003), dan American Heist (2014). Lalu bagaimana dengan heist di dunia nyata? Berikut daftar 5 kasus heist terbesar di dunia :

1. Belfast Northern Bank, Irlandia Utara

Belfast Northern Bank
Belfast Northern Bank
Pada tanggal 19 Desember 2004, sekelompok orang menyandera dua keluarga dengan menyamar sebagai anggota polisi. Kedua keluarga tersebut adalah keluarga Chris Ward dan keluarga Kevin McMullan, keduanya adalah pejabat di Northern Bank, Belfast. Chris Ward kemudian dibawa ke rumah McMullan sedangkan keluarganya tetap di rumah bersama para penyandera.
Keesokan harinya, kedua orang itu disuruh untuk masuk kerja seperti biasa hingga jam kerja berakhir. Ketika semua karyawan sudah pulang ke rumah masing-masing, dua pejabat bank ini karena khawatir keselamatan keluarganya yang disandera, kemudian disuruh membuka brankas dan para pencuri dengan bebas menguras isinya. Kerugian yang diakibatkan oleh pencurian itu diperkirakan mencapai 50 juta dollar, sementara hingga kini polisi belum berhasil menangkap para pelakunya.

2. Pusat Berlian di Antwerp, Belgia

Penyimpanan berlian yang diacak-acak
Penyimpanan berlian yang diacak-acak
Pada tanggal 16 Pebruari 2003 sekelompok pencuri melakukan aksi jenius dalam membobol sebuah pusat perdagangan berlian di Antwerp. Padahal tempat yang terkenal sebagai pusat perdagangan berlian nomor satu di dunia ini keamanannya dikenal sangat ketat. Penjaga berpatroli selama 24 jam penuh dengan kamera CCTV terpasang di mana-mana. Hebatnya, pencurian yang berhasil menggasak berlian beserta surat resminya seharga lebih dari 100 juta dollar ini baru diketahui keesokan harinya.
Polisi sempat kesulitan menangkap pelakunya karena tidak ada satupun kamera CCTV yang berhasil merekam aksi para pencuri. Hingga akhirnya identitas salah seorang pelaku bisa dilacak berkat sepotong sisa sandwich di sebuah mobil curian yang ditinggalkan di pinggir kota.

Baca juga : 10 misteri peninggalan arkeologi dan 5 penjara paling mewah di dunia

3. Greece Museum of Corinth, Yunani

Beberapa artifak kuno yang berhasil diselamatkan
Beberapa artifak kuno yang berhasil diselamatkan
Pada dini hari tanggal 12 April 1990, empat sekawanan pencuri membobol Museum Greece di Corinth, Yunani, tempat penyimpanan artifak kuno yang sangat berharga. Setelah berhasil memasuki museum lewat atap dan melumpuhkan seorang penjaga, para pencuri langsung menggasak 285 artifak kuno yang sedang dipamerkan.
Kasus ini hampir saja dibekukan ketika sembilan tahun kemudian sebuah petunjuk berhasil ditemukan hingga akhirnya para pelaku ditangkap oleh FBI di Miami, Florida. Hukuman seumur hidup dijatuhkan kepada salah seorang pelaku sementara dua yang lain dibebaskan karena tidak cukup bukti. Seorang pelaku lain hingga kini masih buron.

4. Pencurian identitas di Teledata Communications Inc., Amerika

Philip Cummings
Philip Cummings
Pencurian ini dilakukan antara tahun 1999-2000 oleh Philip Cummings, mantan karyawan di Teledata, sebuah perusahaan software yang menjadi langganan bank-bank terkenal. Cummings secara ilegal mendownload data para nasabah bank kemudian data tersebut dijual kembali kepada para pencuri lain yang kemudian menyikat habis isi tabungan para nasabah. Kerugian yang diakibatkan perbuatan Cummings diperkirakan lebih dari 100 juta dollar. Pada tahun 2005, hakim memutuskan menghukum Cummings selama 14 tahun.

5. Bandara Schiphol Amsterdam, Belanda

Bandara Schiphol
Bandara Schiphol
Pada tanggal 25 Pebruari 2005, dua orang tak dikenal merampok sebuah mobil van yang sedang mengangkut berlian di terminal kargo Bandara Schiphol. Dua orang pelaku berhasil masuk ke terminal kargo dengan cara menyamar sebagai karyawan maskapai KLM. Meskipun kerugian dari pencurian berlian itu tidak pernah dipublikasikan, namun diperkirakan harga berlian yang hilang tidak kurang dari 75 juta euro. Jika perkiraan itu benar, maka ini adalah pencurian berlian terbesar dalam sejarah. Hingga kini, para pelaku pencurian ini belum tertangkap.

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

1 Response to "Daftar 5 Kasus Pencurian Terbesar Di Dunia"

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.