Daftar 5 Fakta Unik Jose Mujica, Presiden Termiskin Di Dunia

Seorang pemimpin sejati adalah yang mampu menjadi contoh tauladan bagi rakyatnya, bukan yang hanya bisa bicara berapi-api mengumbar janji-janji kosong. Dan sayangnya, sosok pemimpin itu tidak menjadi presiden di negara kita Indonesia, melainkan di negara Uruguay, dia adalah Jose Mujica, penyandang predikat presiden termiskin di dunia. Jose Mujica adalah mantan pemimpin gerilya Tupamaros, sebuah kelompok bersenjata yang pada tahun 1960-an berusaha menggulingkan kekuasaan junta militer pada saat itu, presiden Jorge Pacheco.
Semoga tulisan ini menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk berusaha menjadi pemimpin/pejabat yang dicintai rakyat. Berikut daftar 5 fakta unik tentang Jose Mujica :

1. Menyumbangkan 90% dari gajinya kepada rakyat

Rumah sederhana Jose Mujica
Rumah sederhana Jose Mujica
Jose Mujica adalah satu-satunya presiden di dunia yang tidak mempunyai rekening bank sekaligus tidak punya hutang. Dia juga menolak tinggal di istana negara dan pengawalan ekstra ketat. Hartanya hanyalah rumah kecil dengan satu kamar yang ditinggalinya, sebuah VW kodok butut, dan seekor anjing berkaki tiga. Mujica juga dikenal sebagai presiden termiskin di dunia karena menyumbangkan 90% penghasilannya.
Lain dengan istri mantan presiden kita yang suka “marah-marah” di Instagram, istri presiden Mujica lebih memilih untuk bertanam sayuran di halaman rumah untuk menopang ekonomi keluarga.

2. Dibawah kepemimpinannya angka korupsi menurun drastis

Mujica ketika mengantri di rumah sakit umum
Mujica ketika mengantri di rumah sakit umum
Dibawah kepemimpinan Jose Mujica, perekonomian Uruguay mulai merangkak naik, hal ini tidak terlepas dari menurunnya angka korupsi di tubuh pemerintahan secara drastis. Jose Mujica adalah seorang revolusioner yang tidak melepaskan idealisme-nya ketika dia menduduki jabatan. Itulah sebabnya ketika menjabat dia bisa memberikan contoh kepada bawahannya untuk hidup dalam kesederhanaan sehingga terhindar dari godaan untuk melakukan korupsi.

Baca juga : 10 selebriti berhati emas dan 10 hacker terpopuler di dunia

3. Mobil VW-nya ditawar dengan harga 1 juta dollar

Mobil VW Beetle Mujica di garasi rumahnya
Mobil VW Beetle Mujica di garasi rumahnya
Seorang syekh dari Arab mungkin karena merasa kasihan dengan keadaan ekonomi Jose Mujica kemudian menawar mobil VW bobrok keluaran tahun 1987 milik Jose Mujica seharga 1 juta dollar. Ketika dikonfirmasi wartawan, Jose Mujica mengatakan akan mempersilahkan syekh itu membeli mobilnya karena dia berencana menyumbangkan seluruh hasil penjualan kepada rakyat kecil yang lebih membutuhkan.

4. Berhasil selamat setelah terkena 6 tembakan

Jose Mujica ketika dibebaskan dari penjara
Jose Mujica ketika dibebaskan dari penjara
Pada tahun 1970, Jose Mujica terkena tembakan sebanyak 6 kali dalam sebuah pengepungan di sebuah bar di Montevideo. Nyawanya bisa diselamatkan setelah dilarikan ke rumah sakit dan menjalani operasi di sana. Dokter yang melakukan operasi kebetulan adalah simpatisan Tupamaros, sehingga nyawa Jose Mujica bisa diselamatkan.

5. Dua kali berhasil kabur dari penjara

Mujica di masa gerilya
Mujica di masa gerilya
Pelarian pertama Jose Mujica terjadi pada tahun 1971, dimana dia bersama sekitar 100 anak buahnya berhasil menggali terowongan dari penjara ke sebuah rumah anggota Tupamaros. Sayangnya kurang dari sebulan kemudian, dia berhasil tertangkap kembali. Pada tahun 1972, lagi-lagi dengan menggali terowongan, Mujica berhasil kabur dari penjara yang kedua kalinya.
Mujica adalah bagian dari “sembilan sandera”, yaitu 9 tahanan politik yang ditahan junta militer tanpa menjalani persidangan. Total selama hidupnya, Jose Mujica telah menjalani masa penjara selama 13 tahun, 2 tahun diantaranya ditahan di sebuah sumur kering bekas tempat minum kuda, hingga Mujica menderita gangguan halusinasi dan paranoia.

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

1 Response to "Daftar 5 Fakta Unik Jose Mujica, Presiden Termiskin Di Dunia"

  1. Emang..... keren *-*) coba di indo kek gini, pastinya maju.

    ReplyDelete

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.