loading...

Daftar 10 Film Horror Yang Dibuat Berdasarkan Kisah Nyata (Bagian 2)

Sambungan dari Daftar 10 Film Horror Yang Dibuat Berdasarkan Kisah Nyata (Bagian 1)

6. The Exorcism of Emily Rose

The Exorcism of Emily Rose
The Exorcism of Emily Rose
Berdasarkan kisah nyata dari Anneliese Michel, seorang penganut katolik di Jerman yang meninggal dunia ketika dilakukan upacara exorcism (pengusiran setan) atas dirinya oleh seorang pendeta. Cerita film ini merupakan gambaran atas konflik antara kepercayaan dan agama terhadap hukum negara, ketika pendeta yang melakukan upacara tersebut dituntut di muka pengadilan karena dianggap telah lalai sehingga mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang.
Film yang disutradarai oleh Scott Derrickson dan dibintangi oleh Laura Linney dan Tom Wilkinson ini diedarkan pada tahun 2005 dan mendapat apresiasi yang cukup baik dari kalangan kritikus film. Bahkan Chicago Film Critics Association menempatkan film ini di nomor 86 dalam daftar 100 film paling menakutkan yang pernah dibuat. Hingga bulan April 2012, film ini telah mencatat pemasukan tidak kurang dari $144 juta.

7. The Entity

The Entity
The Entity
Dirilis pada tahun 1983, film yang diilhami oleh buku karangan Frank De Felitta berjudul sama ini menceritakan tentang kisah nyata seorang wanita bernama Carla Moran dan seorang anak laki-lakinya yang masih remaja. Carla Moran telah diperkosa dan diserang oleh sesosok makhluk yang wajahnya tidak bisa dilihatnya dengan jelas. Ketika anak Carla berusaha menolong ibunya, si anak malah dilemparkan ke sudut ruangan hingga mengalami patah tulang di bagian tangannya.
Anehnya, ketika pembuatan film ini dilakukan, aktor yang memerankan anak Carla, David Labiosa, juga mengalami patah tulang lengan sehingga harus dirawat di rumah sakit. Sejak peristiwa penyerangan itu, Carla Moran terus dihantui oleh makhluk tersebut, bahkan hampir tewas dalam sebuah kecelakaan lalu lintas.
Meskipun adegan dalam film itu banyak yang didramatisir, namun beberapa peristiwa dalam film tersebut memang benar-benar terjadi dan terdokumentasikan.
Walaupun hanya mencatatkan pendapatan sebesar $13 juta, namun film yang disutradarai oleh Sidney J. Furie dan dibintangi oleh Barbara Hershey ini mendapat apresiasi yang lumayan tinggi, bahkan sutradara kenamaan Martin Scorsese menyebutnya sebagai salah satu film paling menakutkan sepanjang masa. Sedangkan aktris Barbara Hershey berhasil mendapatkan penghargaan Avoriaz Fantastic Film Festival Award sebagai aktris terbaik.

8. The Hills Have Eyes

The Hills Have Eyes
The Hills Have Eyes
Ada banyak film horor yang menceritakan tentang pembunuhan atas seseorang yang tersesat dalam perjalanannya, satu diantaranya adalah film The Hills Have Eyes ini.
Sutradara Wes Craven menyatakan film ini berdasarkan kisah nyata yang terjadi pada abad ke 16 dimana segerombolan kanibal dari Skotlandia mencegat dan membunuh para pengendara yang tersesat di hutan mereka, serta memakan dagingnya.
Film ini sendiri telah diproduksi sebanyak 5 versi, semuanya dengan judul yang sama, yang pertama kali dibuat adalah versi tahun 1977 (disutradarai oleh Wes Craven), kemudian yang terakhir dibuat pada tahun 2007 (disutradarai oleh Martin Weisz). Seri film ini terbukti cukup disukai penonton, ini terbukti dari 2 versi film ini saja yaitu versi tahun 2006 dan 2007 telah mencatatkan penghasilan $107 juta.

9. The Exorcist

The Exorcist: The Beginning
The Exorcist: The Beginning
Film ini sudah dibuat sebanyak 6 versi, yang pertama adalah The Exorcist (1973), dan terakhir adalah Dominion: Prequel to the Exorcist (2005).
Film ini sendiri berdasarkan pada buku dengan judul sama yang ditulis oleh William Peter Blatty, menceritakan tentang kisah nyata yang terjadi tahun 1949 tentang seorang anak laki-laki dari Maryland yang kerasukan setan (dalam film digambarkan sebagai anak perempuan), dan upaya yang dilakukan oleh dua pendeta untuk menyembuhkannya. Adegan-adegan seperti kepala yang berputar ke belakang, kemudian anak perempuan yang memuntahkan cairan berwarna hijau, serta konflik pribadi yang terjadi pada kedua pendeta diakui tidak pernah terjadi dan hanya merupakan bumbu dalam film ini.
Dari keenam versi yang telah beredar, versi pertama adalah yang paling banyak mendapatkan penghasilan, yaitu sekitar $401,4 juta, sedangkan dari total keenam versi mendapatkan $661,4 juta. Untuk masalah penghargaan, versi pertama film ini telah menerima 2 Academy Award, yaitu untuk Sound dan untuk Writing Adapted Screenplay.

10. Psycho

Psycho
Psycho
Seperti juga film Texas Chainsaw Massacre, film ini juga terinspirasi oleh pembunuh Ed Gein, akan tetapi lebih menonjolkan segi kejiwaannya. Film ini sendiri adalah remake dari film berjudul sama yang dibuat oleh Alfred Hitchcock pada tahun 1960. Dibandingkan dengan versi 1960, film ini kalah jauh baik dari segi komersial maupun kualitasnya. Bahkan dilaporkan film ini cuma menghasilkan $37 juta padahal biaya produksinya diperkirakan $60 juta.
Selain kedua film psycho diatas, masih banyak versi psycho lain yang dirilis yang semuanya terinspirasi oleh pembunuh Ed Gein, antara lain Psycho II (1983), Psycho III (1986), Bates Motel (1987), Psycho IV: The Beginning (1990), dan lain-lain.
Ed Gein memang banyak menginspirasi film horror karena kekejaman gaya pembunuhannya yang hampir tidak lumrah dilakukan oleh manusia, yaitu dengan menguliti wajah korban-korbannya yang kebanyakan wanita dan menjadikannya topeng, karena mereka mengingatkan Ed Gein pada sosok ibunya. Bahkan film The Silence of The Lamb pun merupakan film yang terinspirasi oleh Ed Gein.

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "Daftar 10 Film Horror Yang Dibuat Berdasarkan Kisah Nyata (Bagian 2)"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.