loading...

Daftar 7 Tanda Anak Hiperaktif (ADHD)

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) atau orang awam biasa menyebutnya “Hiperaktif” adalah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik hingga menyebabkan aktivitas yang tidak lazim dan cenderung berlebihan. ADHD bisa mempengaruhi keberhasilan anak di sekolah dan dalam hubungan interpersonal dengan orang lain. Gejala ADHD bervariasi dan kadang-kadang sulit untuk dikenali, biasanya gejalanya sudah mulai muncul dan bisa didiagnosa ketika anak berusia 7 tahun. Berikut daftar 7 tanda anak mengidap ADHD atau hiperaktif :
Anak Hiperaktif
Anak Hiperaktif (ADHD) (sumber gambar)

1. Mudah Gelisah dan Tidak Tenang

Anda mungkin sering melihat anak yang tidak bisa diam, selalu bergerak kesana kemari. Anak-anak dengan ADHD sering tidak bisa duduk diam, selalu berjalan atau berlarian. Atau jika dipaksa untuk duduk, mereka akan menjadi gelisah atau menggeliat terus di kursi mereka.

2. Secara Emosional Tidak Stabil 

Seorang anak dengan ADHD mungkin memiliki kesulitan menjaga emosi. Mereka memiliki emosi yang meledak-ledak, kadang-kadang tanpa ada alasan yang jelas.

3. Tidak Bisa Fokus

Seorang anak dengan ADHD memiliki kesulitan memfokuskan perhatian pada sesuatu, bahkan ketika sedang diajak bicara berhadapan secara langsung. Jika ditanya, “Apakah kamu mendengarkan saya?”, mereka akan mengangguk, tetapi ketika diminta untuk mengulang kembali apa yang Anda katakan, mereka tidak akan bisa.

4. Tidak Bisa Menyelesaikan Suatu Pekerjaan

Seorang anak dengan ADHD biasanya menunjukkan minat dalam banyak hal yang berbeda, tetapi mungkin tidak ada satupun yang mereka lakukan sampai selesai. Seringkali, anak dengan ADHD akan memulai sebuah proyek, tugas, atau pekerjaan rumah tetapi meninggalkannya sebelum selesai karena perhatian mereka telah berpindah ke hal lain yang menarik minat mereka.

5. Hanya Mengutamakan Kebutuhan dan Keinginan Sendiri

Sebuah tanda umum dari ADHD adalah ketidakmampuan untuk mengenali kebutuhan dan keinginan orang lain. Seorang anak dengan ADHD gampang menyela pembicaraan orang lain dan mungkin mengalami kesulitan untuk menunggu giliran, seperti kegiatan di kelas atau saat bermain dengan anak-anak lain.

6. Suka Melamun

Tidak semua anak dengan ADHD suka bertindak kasar dan keras. Kadang-kadang anak dengan ADHD lebih suka menyendiri dan tidak mau terlibat dengan anak-anak lain. Seorang anak dengan ADHD dapat menatap ke angkasa, berkhayal, dan mengabaikan apa yang terjadi di sekitarnya

7. Mudah Bertindak Ceroboh

Anak-anak dengan ADHD tidak kalah cerdas dibanding dengan anak-anak lain. Masalahnya adalah bahwa mereka sering mengalami kesulitan mengikuti petunjuk yang membutuhkan perencanaan dan pelaksanaan dari rencana itu, yang mengarah kepada kecerobohan.

Sangat penting diingat bahwa anak-anak kadang akan menunjukkan salah satu tanda-tanda diatas pada suatu waktu. Karena bagaimanapun anak-anak tetaplah anak-anak. Tetapi jika anak Anda sering menunjukkan tanda-tanda diatas, apalagi jika hal itu sudah mempengaruhi keberhasilannya di sekolah atau berakibat negatif pada hubungan dengan teman-temannya, maka Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seorang psikolog. Kabar baiknya adalah, ADHD bukanlah gangguan yang susah diobati.

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "Daftar 7 Tanda Anak Hiperaktif (ADHD)"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.