loading...

Daftar 15 Makanan Tinggi Serat Untuk Menurunkan Berat Badan

Para peneliti telah lama mengetahui bahwa makanan tinggi serat dapat membantu orang-orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan. Makan makanan berserat juga berguna untuk menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat. Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, berikut adalah 15 makanan berserat tinggi yang akan membantu Anda menurunkan berat badan. The Institute of Medicine merekomendasikan wanita mengkonsumsi sekitar 25g serat setiap hari dan laki-laki 38g serat setiap hari. Berikut 15 makanan berserat tinggi untuk diet :

1. Almond

almond
Almond
Almond adalah salah satu jenis kacang paling populer di Amerika. Dalam 1 ons, atau segenggam kecil, bisa memberikan Anda 4g serat makanan, vitamin E, dan lemak sehat.

Jika dibandingkan dengan obat penurun diet, almond memiliki kandungan kalori yang tinggi dan setara yang cukup untuk menunda rasa lapar Anda selama diet.

2. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat dan sekitar 12g serat. Alpukat bisa menjadi tambahan yang baik untuk salad atau bisa juga dijadikan jus. Hanya saja dalam pembuatan jus alpukat gunakan gula rendah kalori agar tidak merusak program diet Anda. 

3. Apel

Apel memiliki kandungan serat yang baik, terutama bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Serat mampu memberikan efek yang baik bagi perut sehingga mampu menahan dan menunda rasa lapar datang lebih cepat. Selain itu serat juga dapat mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh.
Sebuah apel besar menyediakan 5g serat, yaitu sekitar 20 persen dari kebutuhan sehari-hari serat manusia. Makan apel mentah untuk mendapatkan manfaat paling besar, karena sebagian serat akan hilang saat dimasak.

4. Beras Merah

Gunakan beras merah sebagai pengganti nasi putih. Beras merah mengandung sekitar dua kali lipat serat dibanding nasi putih. Secangkir beras merah mengandung 3,5g serat makanan. 

5. Brokoli

Brokoli yang dimasak akan mengurangi volume dan karena itu, mengandung lebih banyak serat dibandingkan dengan brokoli mentah. Secangkir brokoli yang dimasak mengandung 5.2g serat makanan sementara secangkir brokoli mentah mengandung 2,4g serat.
Sayuran non karbohidrat seperti brokoli dapat menjadi pilihan makanan sehat yang dapat mendukung diet Anda. Kandungan seratnya yang tinggi, membuat sistem pencernaan membutuhkan waktu yang lama untuk mencernanya sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.

6. Jelai (Barley)
barley
Barley

Jelai atau Barley merupakan sejenis biji-bijian, memberikan sekitar 6g serat dalam setiap cangkir. Serat diet dari barley bisa membantu menurunkan kolesterol dengan mengikat empedu dan membuangnya dari tubuh melalui feces. 

7. Jeruk

Jeruk adalah salah satu jenis buah yang dapat Anda nikmati sepanjang tahun. Secangkir perasan jeruk mengandung 3,6g serat. Meskipun mengandung banyak air, jeruk ternyata juga kaya serat yang membantu tubuh menurunkan kolesterol.
Keistimewaan buah jeruk adalah kadar glikemik indeks di dalamnya yang hanya berjumlah 40. Jumlah tersebut tergolong rendah, sehingga jeruk termasuk sumber karbohidrat sehat yang tak akan meningkatkan berat badan atau kadar gula darah.

8. Kacang Hitam

Kacang Hitam
Kacang Hitam
Anda akan mendapatkan 15g serat dalam satu cangkir kacang hitam yang dimasak, menurut data USDA Nutrient Laboratorium. Kacang hitam bisa menjadi variasi tambahan yang bagus untuk tortilla, salad hijau, atau beras merah.
Kacang hitam dipercaya bermanfaat untuk menurunkan level kolesterol dan banyak mengandung serat untuk mencegah agar gula darah tidak melonjak drastis setelah makan. Itu membuat kacang hitam jadi makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes. 

9. Kacang Polong

Secangkir kacang polong dimasak mengandung hampir 9g serat. Gunakan kacang polong dalam sup, salad sebagai topping, atau dimakan sendiri.
Jenis serat yang terkandung dalam kacang polong adalah serat larut yang berfungsi baik sebagai pengontrol kadar gula darah dalam tubuh serta bermanfaat juga untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Oats
Oats

10. Oats

Oats baik untuk sarapan karena mengenyangkan dan mudah disiapkan. Secangkir oats yang dimasak mengandung sekitar 4g serat.
Oats mengandung serat larut air yang tinggi, serat larut air akan menarik air di dalam tubuh dan membentuk gel sehingga membuat cepat kenyang dan memperlambat pengosongan lambung. Ini akan mengurangi keinginan untuk ngemil, sehingga bagus sebagai makanan saat kita diet.

11. Popcorn

Dua cangkir popcorn memberi Anda 62 kalori dan 2,4g serat. Bumbui popcorn Anda dengan bumbu bebas garam atau sedikit garam laut.
Tanpa minyak, mentega dan garam, popcorn adalah camilan yang tinggi serat, rendah kolesterol, dan rendah kalori sehingga cocok untuk mereka yang sedang diet.

12. Raspberry

Raspberry
Raspberry
Satu cangkir raspberry mentah mengandung 8g serat. Raspberry adalah buah yang rendah lemak dan kalori namun mengandung serat yang tinggi. Adanya serat dalam raspberry membuat buah ini bisa dimasukkan dalam rencana program diet atau penurunan berat badan Anda.
Serat dalam raspberry membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga menghindarkan Anda dari makan secara berlebihan. Serat tidak larut membantu menjaga kesehatan tubuh dan serat larut diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang pada akhirnya juga membantu menurunkan berat badan.

13. Roti Gandum

Carilah roti gandum yang terbuat dari 100 persen gandum untuk sandwich atau roti panggang. Sepotong roti putih mengandung kurang dari satu gram serat sementara sepotong roti gandum dengan 100 persen gandum mengandung 2,8g.
Roti gandum pada dasarnya tidak berbeda dengan roti putih atau roti tawar pada umumnya. Sebab, roti tawar juga terbuat dari gandum. Hanya saja roti tawar terbuat dari gandum olahan yakni tepung terigu, sementara roti gandum terbuat dari tepung gandum.
Roti gandum banyak dikonsumsi untuk diet sehat karena memiliki serat tinggi untuk membantu proses pencernaan sempurna. Roti gandum mengandung karbohidrat lebih rendah dari roti putih, sehingga cocok untuk diet

14. Stroberi

Stroberi sangat baik untuk kesehatan, bisa dimakan langsung, dalam bentuk jus atau salad. Secangkir stroberi mengandung 131 kalori dan 7g serat makanan.
Stroberi merupakan buah-buahan yang mengandung gula rendah sehingga cocok untuk diet pengidap diabetes dan mampu menyusutkan kadar kolesterol.

15. Ubi jalar 

Sebiji ubi jalar mengandung penuh nutrisi dan 136 kalori. Selain juga mengandung 5,9g serat. Serat yang ada pada ubi jalar dapat membakar makanan menjadi energi sedikit demi sedikit. Hal ini memberikan efek baik pada Anda untuk tidak mudah lapar.

...dari berbagai sumber...

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "Daftar 15 Makanan Tinggi Serat Untuk Menurunkan Berat Badan"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.