Daftar 10 Upacara Pernikahan Super Aneh Di Dunia

Pernikahan Unik
Pernikahan Unik (sumber gambar)
Satu tradisi yang hampir dipunyai semua negara, adalah tradisi pernikahan. Sebagian besar tradisi terlihat biasa-biasa saja dan bisa diterima akal sehat. Akan tetapi beberapa tradisi dianggap aneh dan bahkan menggelikan. Walaupun tradisi-tradisi ini mungkin terasa aneh di mata orang luar, akan tetapi sejatinya terdapat arti dan sejarah yang panjang didalamnya. Dengan melanjutkan tradisi-tradisi tersebut, tidak saja akan mampu memeriahkan upacara pernikahan akan tetapi juga untuk melestarikan budaya bangsa. Berikut 10 upacara pernikahan super aneh di dunia versi keranjingan info :

1. India: Menikah dengan Hewan

Menikah dengan Hewan
Menikah dengan Hewan (sumber gambar)
Orang India meyakini bahwa jika seorang gadis memiliki gigi berakar pada gusi atasnya (gingsul), itu pertanda bahwa kemalangan akan terjadi padanya di masa depan, karena roh jahat membencinya. Oleh karena itu, dia harus menikah dengan binatang untuk menangkal bala. Biasanya hewan ini berupa baik kambing atau anjing. Setelah menangkal roh jahat, gadis itu dapat menikahi seorang laki-laki beberapa waktu kemudian. Bukan hanya gadis bergigi gingsul yang diwajibkan menjalani ritual ini, namun gadis dengan wajah yang sangat jelek atau memiliki cacat wajah diyakini disusupi oleh roh jahat dan dipaksa untuk menjalani ritual yang sama.

2. Skotlandia: Mempermalukan Pengantin 

Tradisi Pernikahan di Skotlandia
Tradisi Pernikahan di Skotlandia (sumber gambar)

Di Skotlandia, mempermalukan pengantin adalah bagian dari ritual perpeloncoan yang terjadi sebelum pernikahan. Sebelum pernikahan, teman-teman pengantin mengadakan acara kejutan (seperti yang biasa dilakukan ketika kejutan ulang tahun). Mereka melempari pengantin dengan barang-barang yang “kotor” seperti susu basi, telur busuk, ikan mati, makanan basi, bulu hewan dan kemudian mengikat mereka ke sebuah pohon. Setelah itu mereka dibawa keluar untuk minum-minum. Orang Skotlandia menganggap bahwa jika pengantin dapat menghadapi ritual ini, maka mereka akan dapat menghadapi apa pun, termasuk kesulitan-kesulitan setelah pernikahan. Singkatnya mempermalukan pengantin adalah ritual untuk mempersiapkan dirinya untuk menghadapi setiap masalah selama pernikahannya. Di beberapa wilayah, acara ini juga dipercaya dapat mengusir roh jahat.

3. Perancis: Charivari

Carivari
Carivari (sumber gambar)
Charivari mungkin adalah tradisi pernikahan yang paling menjengkelkan. Pada abad ke-19 pada malam pernikahan, teman-teman, keluarga dan tamu pernikahan lainnya berkelompok bersama-sama di luar rumah pengantin baru dan terus membuat suara sebising mungkin. Mereka akan memukul alat-alat dapur, dinding, atau bernyanyi sekeras mungkin untuk mengganggu pasangan pengantin. Selain untuk merusak suasana malam pertama pengantin, tapi pengantin baru juga diharapkan untuk pergi keluar dan menjamu mereka dengan makanan ringan dan minuman. Ini adalah kebiasaan rakyat Perancis dan dipraktekkan sebagai tradisi untuk merayakan pernikahan.

4. India: Cincin di Jari Kaki

Cincin di Jari Kaki
Cincin di Jari Kaki (sumber gambar)
Di seluruh dunia sebagian besar perhiasan yang dihadiahkan di acara perkawinan yang berupa cincin akan dipasang di jari tangan. Tapi dalam tradisi Hindu, pengantin memakai cincin pernikahan mereka di kaki mereka, dikenal sebagai Bichiya. Cincin di jari kaki memiliki arti yang sama seperti cincin kawin di Barat, yaitu sebagai tanda bahwa seseorang sudah menikah. Cincin ini umumnya terbuat dari perak karena masyarakat Hindu percaya bahwa emas tidak boleh dipakai di bawah pinggang. Pengantin pria memasukkan cincin di jari kaki kedua pengantin wanita sementara dia memegang kakinya. Dan cincin ini hanya dikenakan oleh perempuan yang sudah menikah. Pengantin pria boleh memakai cincin di jari kaki jika mereka ingin, tetapi hal ini tidak diwajibkan.

5. Malaysia: Tahan Kencing

Dilarang Kencing
Dilarang Kencing (sumber gambar)
Adat masyarakat Tidong di Malaysia sebelah Utara Kalimantan, pasangan yang baru menikah tidak boleh kencing selama tiga hari tiga malam. Tentunya hal ini bukan saja terasa tidak nyaman, akan tetapi terkadang juga menyakitkan. Menurut kepercayaan mereka, kalau hal ini dilanggar akan membawa sial. Bisa berakibat bubarnya perkawinan, kematian anak, bahkan kemandulan. Sebelum ritual ini dilakukan, pasangan pengantin tidak boleh makan dan minum terlalu banyak, untuk mencegah kebelet kencing. Anggota keluarga akan menjaga kamar mandi secara bergiliran untuk memastikan mereka tidak melanggar aturan ini.
Ritual ini didasarkan pada kepercayaan bahwa jika pengantin bisa melalui “siksaan” ini bersama-sama, maka mereka akan mampu menghadapi apapun di pernikahan mereka.

6. Mauritania: Makan Berlebihan

Akibat Makan Berlebihan
Akibat Makan Berlebihan (sumber gambar)
Di sebagian besar belahan dunia, orang akan rajin berolahraga sebelum menikah untuk menjaga bentuk tubuh mereka. Namun tidak demikian di Mauritania, di sana ada kepercayaan bahwa semakin besar tubuh pengantin, akan semakin baik. Seorang pria akan dianggap tinggi status sosialnya, jika ia memiliki isteri yang gemuk.
Jika gadis itu memiliki gulungan perut, selulit yang banyak dan paha berlipat, itu semua menunjukkan bahwa suaminya cukup kaya untuk menjaganya tetap “makmur”. Dalam tradisi yang disebut Leblouh, anak perempuan usia 5 sampai 15 dipaksa makan ribuan kalori setiap hari. Kalori yang harus mereka makan hampir empat kali lipat jumlah kalori yang dibutuhkan seorang binaragawan. Hal ini akan menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat untuk mempersiapkan mereka menuju pernikahan. Jika mereka menolak makan, tidak jarang anak-anak perempuan ini dipukuli. Karena ritual ini, banyak diantara mereka yang mengalami masalah kesehatan karena obesitas.

7. Jerman: Pecah Piring

Pecah Piring
Pecah Piring (sumber gambar)
 Di sebagian wilayah Jerman, ritual yang disebut Polterabend masih dipraktekkan. Ini adalah pesta yang diselenggarakan oleh pengantin baru yang biasanya dimulai dengan pesta makan-makan dan diakhiri dengan seluruh tamu membuat suara sebising mungkin. Piring dibanting dan gelas dipecah. Hal ini diyakini bahwa suara hiruk-pikuk yang timbul merupakan gambaran masalah masa depan yang tak terelakkan dalam kehidupan pernikahan mereka. Dengan memecahkan piring di muka, diharapkan tidak ada lagi hambatan ke depannya. Asal usul tradisi ini tidak diketahui tapi kelihatannya menyenangkan.

8. Rumania: Menculik Pengantin

Penculikan Pengantin
Penculikan Pengantin (sumber gambar)
Praktek ini masih sering dijumpai di Rumania, Penculikan Pengantin adalah ritual gila di mana seorang pria harus menculik wanita yang ingin dinikahi. Juga dikenal sebagai “kawin lari” di mana pasangan lari tanpa persetujuan dari orang tua mereka. Di beberapa bagian lain di dunia, ritual ini bisa dianggap sebagai kejahatan. Akan tetapi dalam beberapa budaya seperti Rumania atau Gipsy, hal ini masih dipraktekkan. Mereka meyakini bahwa jika seorang pria berhasil menculik seorang gadis dan si gadis bersedia tetap di sisinya untuk setidaknya 2-3 hari, mereka akan secara resmi disebut suami istri.

9. Korea: Memukuli Kaki Mempelai Pria

Memukuli Kaki
Memukuli Kaki (sumber gambar)
Di Korea Selatan, setelah upacara pernikahan pengantin pria harus bisa bertahan dari pukulan teman-temannya sebelum dia meninggalkan masa lajang. Teman-teman pengantin pria melepas kaus kakinya, mengikatkan tali di sekitar pergelangan kaki, dan mulai memukuli telapak kakinya dengan ikan kering, terkadang tongkat juga digunakan. Hal ini diyakini akan membuat pengantin pria kuat sebelum malam pertama. Memang agak menyakitkan, tetapi upacara ini berlangsung cepat dan lebih terasa menyenangkan daripada menyakitkan. Maksud di balik tradisi ini adalah untuk mengetes kekuatan dan pengetahuan pengantin pria. Di sela-sela acara, si pengantin pria diberi pertanyaan yang harus dijawab. Apabila dia mampu menjawabnya, maka ritual akan berakhir. Memukuli telapak kaki pengantin tidak akan membuatnya menjadi pintar, akan tetapi tradisi lucu ini mempunyai tempat tersendiri dalam budaya pernikahan di Korea.

10. China: Menangis Sekeluarga

Pengantin Menangis
Pengantin Menangis (sumber gambar)
Aneh tapi nyata bahwa menangis adalah salah satu tradisi pernikahan di Cina. Menangis adalah bagian rutin dari pernikahan. Sebulan sebelum pernikahan, pengantin wanita disuruh menangis selama sekitar satu jam setiap hari. Setelah 10 hari, ibunya bergabung dalam ritual itu. Setelah sepuluh hari lagi, neneknya, saudara perempuan dan para perempuan lainnya dalam keluarga itu akan ikut bergabung. Pengantin wanita menangis dengan nada dan ekspresi yang berbeda, terdengar seperti lagu dan hal ini dipandang sebagai ekspresi kegembiraan dan kebahagiaan. Kenyataannya, arti di balik tradisi ini sebenarnya adalah sebuah perayaan untuk kehidupan pernikahan yang bahagia.


…dari berbagai sumber.

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

2 Responses to "Daftar 10 Upacara Pernikahan Super Aneh Di Dunia"

  1. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuannya. semoga selalu menjadi manfaat bagi semuanya. salam sukses selalu. Amin

    http://karanganbungapapanblog.wordpress.com

    ReplyDelete

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.